Menggambar Anak Balita




Menggambar anak balita sengaja saya pilih untuk melengkapi tutorial tentang teknik menggambar menggunakan pensil. Wajah anak balita memiliki karakteristik yang cukup menarik untuk dijadikan obyek gambar. Yang paling jelas kentara tentu mimik wajahnya yang menggemaskan sehingga menggambar anak balita bisa memberi taste tersendiri.

Hal lain yang juga bisa menjadi pertimbangan adalah karakter wajahnya yang tidak terlalu rumit. Dibanding menggambar wajah orang dewasa menggambar anak balita dianggap lebih mudah karena belum memiliki ciri-ciri yang dimiliki wajah orang dewasa seperti keriput, kumis, jenggot dll. karena hal tersebut sangat cocok bagi yang baru belajar menggambar dengan pensil.
Semudah apapun itu menggambar anak balita tetap mempertimbangkan beberapa aspek agar hasilnya tidak mengecewakan. Dengan mengikuti langkah-langkah teknik menggambar dengan pensil berikut ini saya harap bisa memudahkan Anda untuk mencoba menggambar wajah imut seorang balita, terlebih jika yang dijadikan obyek adalah anak Anda sendiri. Selamat mencoba dan tetap semangat :).


Membuat Sketsa


Buat sketsa terlebih dahulu dengan pensil HB atau H agar kalau terjadi kesalahan mudah dihapus juga garis sketsa tidak lagi kelihatan setelah nanti diarsir.

Mengarsir Tipis Semua Bidang


Masih dengan pensil yang sama arsir keseluruhan bidang gambar. Karena masih arsir dasar tidak perlu ditekan pensilnya yang penting merata,

Menandai Bidang-Bidang Yang Akan Diarsir Lebih Lanjut


Sebelum menggambar bentuk wajah bidang-bidang tertentu yang nanti akan diarsir digarisi dulu sekelilingnya. Lihat gambar acuan untuk menentukan tempat mana saja yang akan digarisi. Bagian detail tidak perlu digarisi. Hanya yang membentuk lekuk-lekuk wajah saja yang digarisi.

Membentuk Keseluruhan Wajah



Gambar bentuk wajah secara keseluruhan mengikuti garis yang sudah dibuat sebelumnya dengan pensil 3B atau 2B. Tebal tipis arsiran sesuai dengan gambar acuan. Arsiran yang dibuat kasar saja tidak perlu halus.

Pada tahap ini yang penting bentuk wajah sudah kelihatan.

Menghaluskan Arsiran


Haluskan arsiran kasar yang sudah dibuat sebelumnya dengan pensil H atau HB. Pada bagian-bagian tertentu yang agak gelap gunakan pensil yang lebih pekat seperti 2B atau 3B. Agar lebih halus arsir dengan hati-hati tapi merata hingga garis sisa arsiran kasar sebelumnya tidak kentara lagi.

Mempertegas Beberapa Bagian 


Pertegas bagian-bagian yang lebih gelap dengan pensil 4B atau 5B. Gunakan pensil 6B atau 7B untuk bagian yang paling gelap

Finishing 


Sempurnakan detail bagian-bagian tertentu seperti daun telinga, lekuk hidung, kantung mata dll. Gunakan pensil yang tidak terlalu pekat untuk melakukannya. Gambar bisa diarsir tipis dengan pensil H atau HB sekali lagi agar lebih halus.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk Mencoba?


Sebagai tambahan referensi ada baiknya Anda juga bisa mencoba menggambar anak kecil menggunakan pensil 


Komentar