Menggambar Anak Kecil Menggunakan Pensil

Menggambar Anak Kecil Menggunakan Pensil

Menggambar anak kecil menggunakan pensil adalah salah satu cara paling mengasyikkan untuk belajar menggambar menggunakan pensil karena ketika Anda selesai menyelesaikan latihan Anda, Anda tidak hanya bisa menggambar anak kecil menggunakan pensil, tapi Anda juga memiliki sebuah gambar bagus untuk menghiasi dinding di rumah Anda. Bayangkan jika objek yang Anda gambar adalah anak Anda sendiri, tentu Anda dan dia akan senang bukan?

Menggambar anak kecil menggunakan pensil tidaklah sesulit yang Anda kira. Jadi, jika selama ini Anda selalu menggunakan Photoshop atau program lain untuk menggambar anak kecil menggunakan pensil secara instan, Anda mungkin harus mencoba teknik manual ini karena tidak ada satu program komputer pun yang bisa menggambar anak kecil menggunakan pensil secara akurat. Berikut adalah langkah-langkah menggambar anak kecil menggunakan pensil yang dapat Anda ikuti dengan sangat mudah.


1. Buat sketsa gambar anak kecil menggunakan pensil H atau HB

Buatlah sketsa gambar anak kecil menggunakan pensil yang tidak terlalu pekat seperti H atau HB. Pensil tersebut cukup baik karena lebih mudah dihapus kalau terjadi kesalahan waktu membuat sketsa.
Jika Anda masih merasa kesulitan menggambar sketsa dasar gambar anak kecil menggunakan pensil, coba edit foto yang Anda jadikan contoh menggunakan fungsi Image Threshold pada program Adobe Photoshop agar Anda mendapatkan outline foto tersebut.

2. Buat arsiran dasar gambar anak kecil menggunakan pensil H atau HB

Buat arsiran dasar yang merata dengan pensil yang sama (H atau HB). Karena pensil tidak terlalu pekat, sebaiknya agak ditekan ketika mengarsir.

3. Buat arsiran yang lebih gelap menggunakan pensil 2B atau 3B

Buat arsiran yang lebih gelap dengan pensil yang lebih pekat seperti 2B atau 3B. Arsirannya ringan saja jangan terlalu ditekan tapi merata. Bagian-tertentu yang menghadap cahaya (paling terang)  sebaiknya digarisi pinggirnya dulu sebelum mengarsir untuk memberi batas. Bagian tersebut nantinya tidak ikut diarsir.
Menggambar Anak Kecil Menggunakan Pensil

4. Beri detail bentuk wajah

Masih dengan pensil yang sama (2B atau 3B) gambar bentuk dasar keseluruhan wajah. Agar lebih cepat cara membentuk wajah dengan arsiran kasar saja tidak perlu dihaluskan dulu yang penting bentuknya sudah mulai jelas kelihatan.

5. Setelah selesai dengan wajah, mulai menggarap rambut

Selesai dengan bentuk wajah, rambut mulai digarap. Untuk menggambar rambut yang pertama dilakukan adalah menggambar alur arah rambut lalu kemudian ditebalkan.



6. Mulai menggarap baju

Setelah bagian kepala lalu baju mulai digarap. Pertama adalah menggambar garis-garis lipatan baju. Setelah itu tinggal disempurnakan dengan arsir tipis menggunakan pensil 2B atau 3B mengikuti garis lipatan kain yang sudah dibuat.


7. Penyempurnaan gambar

Setelah bentuk keseluruhan terlihat cukup jelas langkah berikutnya tinggal penyempurnaan. Beberapa bagian yang paling menonjol seperti garis pipi dan garis kantung mata ditegaskan lagi dengan pensil 4B atau 5B.

Hal yang harus diingat adalah meskipun yang digambar adalah garis yang tegas tetap harus dihaluskan area sekitarnya. Untuk bagian mata gunakan pensil yang sangat pekat semisal 6B atau 7B.

8. Finishing

Langkah terakhir adalah finishing. Haluskan arsiran sebelumnya yang masih kasar dengan menggunakan pensil HB atau 2B agar tidak terlalu pekat. Dengan pensil tersebut buat arsiran ringan dan merata untuk menghaluskan. Jangan lupa cek ulang bila ada yang salah atau kurang memuaskan garapannya.

Demikian 8 langkah mudah menggambar anak kecil menggunakan pensil. Tidak sulit bukan?
Menggambar Anak Kecil Menggunakan Pensil

Setelah Anda menguasai teknik menggambar anak kecil menggunakan pensil, Anda mungkin ingin mencoba teknik menggambar setrika dengan menggunakan pensil.

Komentar

Posting Komentar