Menggambar Wajah Artis: Nikita Willy



Tema untuk tutorial menggambar kali ini adalah menggambar wajah artis: Nikita Willy. Wajah cantik yang sudah sering muncul di TV tentu sangat menarik jika dijadikan tema belajar menggambar. Siapa tahu jika Anda yang menjadi fans beratnya maka sekarang tidak sekedar memandang saja tapi juga bisa menggambar wajahnya. Itulah sebabnya artis cantk ini saya pilih sebagai obyek tutorial kali ini.

Yang menjadi salah satu pertimbangan lain dalam tutorial menggambar wajah kali ini juga adalah arah menghadap wajah. Wajah obyek tidak langsung menghadap ke depan tetapi agak serong ke kiri dan sedikit condong ke bawah. Sedikit banyak tentu memberi kesulitan juga jika dibanding menggambar wajah yang menghadap ke depan langsung. Perbedaannya cukup terasa ketika tahap membuat sketsa.
Menarik untuk dilihat bukan berarti sulit untuk digambar. Meski begitu tetap ada juga tantangan sekaligus kesan berbeda ketika menggambar wajah artis ini. Untuk lebih jelasnya mari mulai tutorial menggambar wajah artis Nikita Willy ini. Mari mari :).

Membuat Lingkaran


 Yang paling pertama dalam menggambar tentu membuat sketsa. Agar lebih mudah membuat sketsa wajah sebaiknya ditentukan dulu proporsinya. Untuk hal tersebut langkah pertama adalah membuat lingkaran. Lingkaran ini adalah representasi dari tempurung kepala.

Menentukan proporsi wajah


Agar lebih mudah membuat sketsa wajah dengan lebih akurat sebaiknya ditentukan dulu proporsinya. Pada gambar acuan bisa dilihat proporsi wajah yang benar. Untuk pengerjaannya yang pertama adalah garis tengah wajah (vertical). Karena wajah menghadap agak serong ke kiri dan agak ke bawah maka garis tengah wajah dibuat agak miring dan turun sedikit sesuai dengan arah menghadap. Garis tengah lingkaran (horizontal) karena wajah menghadap ke kiri bawah maka dibuat agak melengkung disesuaikan dengan arah menghadap wajah. Posisi masing-masing bagian wajah pada gambar acuan ditunjukan dengan huruf.

Huruf A yang atas mewakili bagian atas wajah, R = batas rambut dengan kulit kepala, A yang tengah = alis, M = mata, H = hidung, B = bibir, D = dagu. 
Jarak R-A (alis) = A (alis)–H = H-D. jarak dari A(atas wajah)-R adalah ½ dari R-A(alis). M berada tepat di tengah kepala. B berada sekitar 1/3 lebih sedikit jarak dari H ke D. Untuk proporsi mata lebar jarak antara kedua mata sama dengan lebar salah satu mata.

(proporsi lebar mata)

Menggambar Sketsa Wajah



Setelah posisi dan proporsi masing-masing bagian wajah ditentukan sketsa wajah bisa digambar. Harap diingat bahwa bagian wajah tertentu tidak selalu 100 % sesuai dengan ukuran proporsi yang dibuat sebelumnya. Karena wajah tidak menghadap sepenuhnya ke depan tetapi agak condong ke kiri bawah maka ada sedikit distorsi pada penempatan bagian wajah tertentu. Contoh ujung hidung agak turun ke bawah dan mata sebelah kiri agak lebih pendek sedikit dari mata kanan.

Menghapus Garis Bantu Proporsi Wajah


Hapus semua garis bantuk proporsi wajah yang dibuat sebelumnya. Dengan demikia maka sketsa wajah bisa jelas kelihatan. Tahap selanjutnya dalam menggambar wajah artis ini adalah tinggal penyempurnaan.

Mengarsir Tipis Keseluruhan Wajah


Arsir halus dan tipis keseluruhan bagian wajah dengan pensil yang tidak pekat seperti H atau HB.

Menggambar Bagian-bagian Utama Wajah


Gambar bagian-bagian utama wajah dulu. Dengan demikian maka bentuk wajah akan lebih jelas kelihatan. Untuk bagian-bagian tergelap seperti bola mata dan lubang hidung gunakan pensil yang paling pekat. Dalam gambar ini saya menggunakan pensil 7B.

Menyempurnakan Keseluruhan Bentuk Wajah


Langkah berikutnya dalam menggambar wajah artis adalah menyempurnakan bentuk keseluruhan wajah. Gunakan pensil yang tingkat kepekatannya medium seperti 3B. jika terlalu samar bisa juga gunakan pensil yang lebih pekat lagi. Dalam gambar ini saya juga menggunakan pensil 5B untuk bagian-bagian tertentu.

Finishing


Langkah terakhir dalam menggambar wajah artis adalah finishing. Sempurnakan semua bentuk wajah sesuai dengan acuan. Perhatikan dengan sangat teliti, bila ada bagian yang tidak sesuai dengan acuan maka diperbaiki. Kadang kala sedikit perubahan bentuk pada wajah yang digambar bisa membuat keseluruhan wajah tampak terlihat berbeda sekali dengan gambar acuan. Untuk itu lah ketelitian perlu ketika tahap finishing ini. Untuk bagian rambut saya gunakan pensil 5B dulu untuk mengarsir dan menggambar keseluruhan rambut. Setelah itu digelapkan lagi dengan pensil 7B. Kadang kala mengarsir bagian yang paling gelap dilakukan sampai beberapa kali agar karakternya lebih kuat.


(perbandingan antara hasil karya dengan gambar acuan)

Demikian tutorial menggambar wajah artis Nikita Willy. Jika masih ingin yang lainnya Anda mungkin akan tertarik juga dengan menggambar wajah artis pria.

Komentar

  1. Keren gan 👍 , cara mengarsir halus caranya gmn gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasih :), buat arsir halus ketika mengarsir jangan terlalu ditekan, ngambang aja, nanti akan ada pembahasan lengkap tentang mengarsir dengan pensil, tunggu ya

      Hapus
    2. Oke sip gan, terus biar dapet feel cahayanya gmn gan? Arsirannya kok bisa ngebentuk 3d gan?

      Hapus
    3. Buat bikin bentuk keliatan 3D perlu mengatur tone (tingkat kepekatan). Biasanya ada tiga tingkatan: gelap, medium, terang. yang menghadap cahaya itu tone yg terang, yang lebih dalam, membelakangi cahaya atau daerah bayangan kaya bawah bibir,bawah hidung, bawah dagu (leher) tonenya gelap, klo menggambar bentuk sebagian besar bagian biasanya tone medium. tone terang arsiranya ngambang aja terus pake pensil yang samar kaya H&HB, klo tone medium arsirnya tekan dikit aja kalo kurang gelap ulang arsirnya pake pensil 2B/3B. klo tone gelap tekan agak keras tapi jngn kebangeten ntar sobek kertase. klo kurang gelap diulang arsirnya, pake pensil yg pekat kaya 5B,6B atau 7B. latih aja mengatur tone, pake contoh, ntar bisa lama2

      Hapus
  2. keren kang gambar nya di tunggu update lain nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tengkiu, jangan bosen bosen mampir sini :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. wah tengkiu tengkiu hehe
      nyoba yg lainnya juga

      Hapus
  4. Balasan
    1. Sory baru bales. Ya gak papa mas Copy Paste. cuma kasi link ke blok sini ya. Tengkiu

      Hapus
    2. ngomong2 blog/website sampean linknya apa ya. siapa tahu nanti bisa kerja sama bangun link

      Hapus
  5. Keren bang tutorial nyaa....
    Mnta pin atw no wa nya bang biar bisa tya2 klo dapat kendala. Sdh coba menggambar tapi blm pernah sampai yg benar2 mirip.. Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas dah mampir sory baru balas ini HAnya 082324991082 monggo tanya2

      Hapus
    2. Makasih mas dah mampir sory baru balas ini HAnya 082324991082 monggo tanya2

      Hapus

Posting Komentar