Menggambar Wajah Artis Pria



Kali ini saya menampilkan tutorial menggambar wajah artis pria dewasa. Agar lebih ada greget yang diambil sebagai model adalah wajah seorang aktor yang cukup terkenal yaitu Vino G Bastian. Ia sudah bermain dalam berbagai film yang juga terkenal di jagat perfilman dalam negeri. Dengan begitu menggambar wajah aktor ini boleh jadi memberi kesan tertentu, terutama bagi para fansnya.

Untuk tutorial menggambar wajah Vino kali ini saya juga memberi tambahan. Pada tutorial sebelumnya biasanya saya memulai dari sketsa yang sudah jadi dulu. Sedang untuk kali ini ada tutorial bagaimana membuat sketsa wajah, beserta dengan keterangan tentang standar proporsi wajah pria dewasa. Dengan mempelajari proporsi wajah tersebut kelak juga akan berguna bila ingin menggambar wajah pria lainnya.
Proporsi wajah yang digambar kali ini adalah wajah yang tepat menghadap ke depan.
Menggambar wajah seorang primadona tentu saja menambah nilai keasyikan dari kegiatan menggambar. Jika Anda adalah salah satu fans Vino dan tertarik untuk bisa menggambar wajahnya, selamat mencoba menggambar dengan tutorial dari saya :)

Menggambar Sketsa Wajah


Langkah pertama dalam menggambar sketsa wajah adalah membuat lingkaran. Saya tidak menyarankan menggunakan alat bantu, tetapi jika kesulitan membuat lingkaran silahkan saja. Agar lebih mudah menggambar lingkaran buatlah garis tegak lurus yang sama panjang dan saling menyilang ditengahnya. Lalu buat garis lengkung melingkar mengikuti ujung-ujung keuda garis tersebut.

Langkah kedua dalam menggambar sketsa wajah adalah menentukan proporsi wajah. Yang harus diingat adalah pada proporsi standard pria perbandingan lebar wajah dengan tinggi wajah adalah sekitar 3 : 3,5. Buat penanda dari atas ke bawah sesuai urutan tersebut yaitu ½,1,1,1.
(Standar Proporsi Wajah Pria) 

Tanda yang pertama adalah batas rambut dengan dahi. Tanda kedua yang merupakan garis tengah lingkaran adalah posisi alis. Tanda ketiga adalah posisi hidung bagian bawah. Tanda terakhir yang paling bawah adalah posisi dagu paling bawah.

Selanjutnya bisa dilihat proporsi wajah secara keseluruhan. Buat juga garis mendatar tepat di tengah-tengah kepala. Garis ini kelak adalah posisi mata. 
(posisi mata pada wajah)

Pada bagian bawah juga buat garis mendatar sejajar dengan lebar lingkaran dan dibagi menjadi tiga bagian seperti garis mendatar pada bagian atas kepala yang sudah dibuat sebelumnya. Sebut saja urutan tiga bagian tersebut dari kiri-kanan adalah bagian 1, bagian 2, bagian 3. Tarik garis dari ujung kiri garis di atas ke setengah bagian 1 garis yang dibawah. Lalu buat garis tegak lurus dari setengah bagian 1 atas ke setengah bagian 1 bawah.

Lakukan hal yang sama untuk sisi kanan wajah. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar acuan. Garis miring ini nanti akan jadi acuan batas pipi kiri dan kanan. 
Garis mendatar yang merupakan posisi mata dibagi menjadi 5 bagian dihitung dari garis miring kiri ke garis miring kanan yang sudah dibuat sebelumnya.



Setelah  proporsi wajah secara keseluruhan dibuat kini tinggal mensket wajah. Dengan panduan ukuran proporsi tersebut akan lebih mudah membuat wajah yang proporsional. Meski begitu tetap diperhatikan untuk selalu jeli melihat gambar contoh yang menjadi acuan. Kadangkala lebar, tinggi atau posisi bagian wajah tertentu seperti mata, alis dan hidung tidak 100 % pas dengan ukuran proporsi tadi. Meski begitu jika ada perbedaan ukuran biasanya tidak terlalu besar. Bagian rambut juga boleh jadi lebih tinggi dari bagian atas lingkaran, karena ketebalan rambut setiap orang bervariasi; ada yang sangat tebal ada yang tipis ada juga yang botak.
Ada yang terlupa tadi yaitu posisi bibir. Posisi bibir adalah kurang lebih 1/3 jarak dari bagian bawah hidung hingga ke dagu. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.

Setelah wajah selesai dibuat maka garis bantu yang telah dibuat sebelumnya bisa dihapus. Pada tahap ini bisa dibilang sketsa wajah sudah selesai. Setelah itu tinggal disempurnakan.



Mengarsir Tipis Keseluruhan Wajah

Tahap selanjutnya dalam menggambar wajah artis adalah mengarsir tipis secara keseluruhan dengan pensil yang tidak pekat seperti H atau HB.Tahap selanjutnya dalam menggambar wajah artis adalah mengarsir tipis secara keseluruhan dengan pensil yang tidak pekat. Pada umumnya adalah H atau HB.




Mempertegas Goresan

Tegaskan sekali lagi goresan dengan menggunakan pensil yang sama. Jangan lupa untuk mengatur terang gelap. Pada bagian yang paling terang tidak usah diarsir lagi. Bentuk wajah sudah mulai terlihat.

Membangun Bentuk Wajah

Dengan pensil 3B bangun bentuk wajah hingga jelas bentuknya. Goresannya tidak perlu terlalu halus asalkan bentu wajah jadi.

Mempertegas Detail Wajah

Beberapa detail juga bagian-bagian tertentu pada wajah seperti mata, alis dan bagian lipatan kulit dipertegas sekali lagi. Agar lebih cepat sebaiknya menggunakan pensil yang lebih pekat. Untuk maksud ini saya menggunakan pensil 5B. Buat juga alur garis untuk alur rambut.

Finishing

Yang terakhir adalah finishing. Dengan pensil 7B beberapa bagian yang tergelap dipertegas. Bagian yang masih terlihat kasar juga dihaluskan. Jika ada yang salah diperbaiki. Bagian rambut juga dihitamkan dengan mengikuti alur garis yang sudah dibuat sebelumnya.

Berikut perbandingan antara gambar acuan dengan hasil karya

Nah, demikian beberapa langkah untuk menggambar wajah artis idola kita dari tahap sketsa hingga penyempurnaan. Jika tertarik untuk belajar lagi Anda bisa juga mencoba teknik menggambar wajah wanita dewasa.

Komentar

  1. Mantap jiwa bang tutorialx ane sangat terbantu gan

    BalasHapus
  2. Bang ada cara alternatif lain supaya pas menggambar bentuk wajah biar mirip? Saya susah memahaminya kalau bisa ada video malah lebih bagus lagi

    BalasHapus
  3. Maksud saya si proposi nya kalau soal arsiran saya sufah paham... Nah membentuk pola dasarnya saya masih kurang paham... Kadang saya ngegambar matanya malah besar sebelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo propoa rsi sebenarnya udah banyak dibahas si, selain di blog ini juga. Selebihnya ya dilatih satu persatu langkah membuat proporsinya sama melatih otak biar bisa menangkap bentuk wajah. Coba berlatih membuat 50 wajah orang dulu dengan foto. dengan patokan proporsinya juga. itu untuk melatih insting bentuk wajah orang. sulit juga sih menerangkan kalau tanpa contoh proses gambarnya. Untuk tambahan video nanti mungkin saya tambahin juga di blog ini

      Hapus
    2. terus kalo detail wajah kayak mata gede sebelah biasanya, berdasar pengalaman pribadi, terlalu fokus pada satu bagian pengin diselesain sampai detai baru bagian berikutnya. gara2 itu kadang malah jadi salah ngukur. Saya juga dulu waktu baru belajar gitu. saran saya sih, kalo menggambar jangan langsung didetail. buat semua bagian dalam bentuk dasar yang mudah diukur kayak kotak, lonjong, segitiga. soalnya bentuk dasar gitu lebih mudah mengukur imbang kanan kiri daripada kalau udah didetail

      Hapus

Posting Komentar