Teknik Menggambar Buah Apel



Untuk tutorial kali ini adalah teknik menggambar Buah Apel. Hasil akhir dari karya kali ini berwarna dengan menggunakan pensil warna. Saya pikir sudah saatnya untuk memulai tutorial pensil warna dan sebagai obyek yang pertama adalah buah apel.
Menggambar buah apel sebenarnya tidak sulit, saya pikir hampir semua orang tentu bisa menggambarnya. Itu karena bentuk buah ini tidaklah terlalu rumit.

Meski begitu untuk menggambar buah apel dengan hasil yang sedekat mungkin dengan aslinya tentu butuh pertimbangan. Apalagi obyek yang saya ambil untuk tutorial kali ini bukan sekedar apel merah biasa tapi kulitnya ada bagian yang bermotif.
Untuk bisa menggambar buah apel dengan hasil yang bagus bisa dilihat pada tutorial berikut ini. Selamat mencoba :).

Langkah 1


Langkah paling awal dalam menggambar buah apel adalah membuat sketsa. Untuk langkah ini saya tidak menggunakan pensil graphit karena berdasarkan pengalaman nantinya malah lebih tegas dari pensil warna dan kadang jadi kotor. Untuk mensket saya menggunakan pensil warna merah sesuai dengan warna dasar apel yang mau digambar. Buat outline yang tipis saja jangan terlalu tebal.

Langkah 2


Setelah outline bagian luar apel selesai buat sketsa untuk pola motif kulit apel. Jangan lupa buat outline juga untuk bagian yang memantulkan cahaya. Dalam tutorial menggambar buah apel ini adalah lingkaran kecil di bagian atas.

Langkah 3


Setelah semua outline jadi saatnya mengarsir dengan warna. Saya gunakan warna merah untuk kulit apel sedangkan untuk bagian yang bermotif dan bagian pantat buah (yang ada tangkainya) saya gunakan pensil warna kuning.

Langkah 4


Untuk awal-awal saya fokuskan dulu pada bagian yang berwarna merah karena dianggap lebih mudah dan tidak terlalu banyak detail. Arsir dengan warna merah bagian ini hingga bentuk apel lebih tampak jelas. Meski sudah tampak bentuknya tapi masih terlihat transparan.

Langkah 5


Sekali lagi arsir bagian warna merah yang sudah dibuat dengan pensil warna merah agar lebih tegas bentuknya. Perhatikan ketika mengarsir agar sesuai dengan bentuk buah apel. Pada bagian yang lebih terang arsir ringan saja sedang bagian yang lebih gelap agak ditekan. Bila masih tampak transparan ulang langkah ini beberapa kali. Jika masih tetap kurang jelas gunakan pensil warna merah yang lebih gelap. Setelah selesai maka buah apel merah semakin tampak jelas.

Langkah 6


Meski bentuk apel pada bagian yang berwarna merah sudah terlihat tapi mungkin masih terlihat agak flat. Untuk semakin mempertegas bentuk bagian tersebut gunakan pensil dengan warna coklat kemerahan pada bagian-bagian yang lebih gelap.

Langkah 7


Agar bentuk buah apel semakin tegas lagi gunakan pensil warna coklat gelap pada bagian yang tergelap. Arsir ringan saja jangan terlalu ditekan, karena kalau terlalu pekat justru terlihat kotor. Ulang beberapa kali arisran ringan tersebut bila masih kurang pekat. Pada tahap ini bagian merah sudah jadi dan selanjutnya tinggal bagian bermotif.

Langkah 8


Untuk bagian yang bermotif gunakan pensil warna merah yang tadi digunakan. Bentuk motif sesuai selera saja asal kesan kulit buah apel bisa terlihat.

Langkah 9


Sekali lagi gunakan warna merah untuk menegaskan bentuk motif kulit buah apel. Ketika mengarsir agak ditekan sedikit tapi jangan terlalu keras.

Langkah 10


Pada bagian tertentu seperti bagian bawah dan bagian pantat buah gunakan coklat kemerahan untuk  menggelapkan. Ulang beberapa kali agar lebih tegas.

Langkah 11


Meski bagian yang gelap tadi sudah digelapkan dengan warna coklat kemerahan tapi masih tampak kurang kuat. Agar lebih kuat gelapkan sekali lagi bagian tersebut dengan warna coklat gelap. Ulang beberapa kali langkah ini. Bila masih terasa kurang gelap bisa gunakan warna hitam tapi tipis saja mengarsirnya agar tidak terlihat kotor. Buat juga bayangan untuk tangkai buah dengan arsiran tipis pensil coklat gelap tersebut. Buah apel sekarang sudah jadi dan tinggal menggarap beberapa detail

Langkah 12


Setelah buah apel selesai digambar selesaikan bagian tangkai buah. Pertama-tama arsir halus warna kuning dulu.

Langkah 13


Untuk membangun bentuk tangkai gunakan warna coklat kemerahan. Arsir halus saja jangan terlalu tebal. Yang penting bentuknya sudah agak terlihat.

Langkah 14


Gunakan coklat gelap untuk mempertegas bentuk ranting terutama pada bagian-bagian pinggir. Agar terlihat lebih bagus gunakan juga warna hijau cerah pada bagian yang terang. Arsir ringan saja jangan terlalu pekat. Dengan demikian maka warna ranting terlihat lebih matang.

Langkah 15


Langkah terakhir dalam menggambar buah apel adalah finishing. Tambahkan beberapa detail lagi seperti bayangan pada bagian bawah. Yang perlu diingat adalah jangan langsung menggunakan warna hitam untuk membuat bayangan karena justru akan jadi kotor. Gunakan dulu warna coklat gelap dan diarsir halus untuk mendasari baru kemudian ditumpuk dengan warna hitam.  Sempurnakan bagian-bagian yang masih tampak kurang bagus. Bila kurang kuat arsir sekali lagi bagian-bagian tertentu sesuai dengan warna bagian tersebut. Bila bagian tertentu masih kurang gelap arsir gelap lagi dengan coklat gelap.


Demikian langkah-langkah menggambar buah apel dengan pensil warna; mudah bukan? Jika masih ingin tahu lebih banyak lagi Anda mungkin bisa juga mencoba menggambar kucing lucu.


Komentar