Teknik Menggambar Mobil Sport


Tutorial kali ini adalah tentang menggambar mobil sport. Yang saya ambil sebagai obyek adalah sebuh Lamborghini; sebuah merk mobil sport bergengsi yang banyak peminatnya. Tentu sangat menarik untuk mencoba menggambar mobil ini apalagi bagi para peminat otomotif.

Secara keseluruhan menggambar mobil sport lamborghini ini hampir sama dengan menggambar obyek-obyek lainnya hanya ada beberapa pertimbangan penting yang perlu diperhatikan. Bagian luar sebuah mobil terbuat dari bahan metal sehingga karakter refleksi cahayanya kuat. Lekuk-lekuk pada bagian-bagian tertentu juga bervariasi ada yang Cuma sedikit melengkung ada juga yang menyudut tajam. Dengan demikian berpengaruh juga pada kontras arsiran ketika menggambar.
Bagi yang suka mobil sport tapi kesulitan untuk memilikinya menggambar mobil sport berikut mungkin sedikit banyak bisa jadi obat pelepas rindu hahaha. Karena itu selamat mencoba .

Langkah 1


Langkah awal dalam menggambar mobil sport ini adalah membuat sketsa. Dalam membuat sketsa mobil yang pertama dibuat adalah outline patokan garis besar bentuk mobil tersebut. Perhatikan benar proporsi ukuran masing-masing bagian agar kelak ketika diolah tidak terlihat janggal bentuknya.

Langkah 2


Setelah outline garis besar bentuk mobil selesai dibuat langkah selanjutnya adalah mensket badan mobil. Bagian-bagian seperti lampu, bemper, jendela dll dibuat outlinenya. Perhatikan benar bentuk dan ukuran masing-masing bagian tersebut.

Langkah 3


Hapus outline patokan garis besar bentuk mobil yang sudah dibuat pertama kali tadi. Dengan demikian sketsa mobil sudah terlihat jelas.

Langkah 4


Tambahkan outline untuk beberapa detail bagian mobil seperti interior mobil, kap mesin, bagian samping mobil, roda dll. Pada langkah ini sketsa mobil sudah selesai dibuat dan selanjutnya tinggal penyempurnaan dalam menggambar mobil sport.

Langkah 5


Setelah selesai dengan sketsa yang pertama saya olah adalah bagian kap mesin. Seperti diterangkan sebelumnya bahwa lekuk-lekuk setiap bagian mobil bervariasi sehingga berpengaruh pada intensitas gelap terang. Karena itu saya menggambar mobil sport ini bagian per bagian sesuai dengan intensitas gelap terangnya. Selesai dengan kap lalu bagian lampu kiri mobil. Perhatikan kontras gelap-terang antara bagian tersebut dengan bagian kap mesin.

Langkah 6


Berikutnya saya menggarap bagian samping mobil. Disini saya juga akan menerangkan urutan mengarsir dengan pensil. Untuk  pertama kali arsir tipis saja dengan pensil 3B. Perhatikan benar-benar kalau ada bagian yang memantulkan cahaya maka tidak usah diarsir sama sekali agar tetap putih.

Langkah 7


setelah arsiran dasar saya mulai membangun bentuk dengan pensil 3B. Meski terkesan flat tapi bentuk bagian samping mobil ini sudah mulai agak terlihat.

Langkah 8


Dengan pensil 5B sekali lagi saya gelapkan bagian-bagian tertentu seperti bagian bawah spion dan bagian bawah pintu mobil. Karena permukaan mobil yang berkarakter mengkilap maka kadang batas antara bagian yang gelap dengan yang paling terang sangat tipis.

Agar kesan melengkung tetap tampak dan gambar tidak menjadi flat batas tipis tersebut ada baiknya digambar dengan hati-hati dengan goresan ringan. Kini bentuk lekuk-lekuk dibagian samping mobil sudah tampak jelas. Jika masih terasa kurang bisa diarsir lagi agar lebih tegas.

Langkah 9


Dengan cara diatas sisa bagian samping mobil diselesaikan. Saya ulang arsiran beberapa kali pada bagian-bagian tertentu yang dianggap masih kurang tegas. Pensil yang digunakan adalah 3B dan 5B. Tergantung kebutuhan bila menggunakan 3B sudah cukup maka pensil 5B tidak perlu digunakan.

Langkah 10


Untuk selanjutnya dalam menggambar mobil sport adalah menyelesaikan semua bagian luar tubuh mobil. Teknik yang digunakan sama yaitu arsir tipis merata minus bagian yang memantulkan cahaya lalu membangun bentuk dan terakhir menggelapkan bagian-bagian yang tergelap. Setelah bagian tubuh luar mobil selesai digambar selanjutnya adalah menggarap beberapa detail utama mobil.

Langkah 11   


Bagian selanjutnya adalah lampu. Pertama saya buat outline dulu untuk bagian ditengah lampu yang mengkilap.

Lalu kemudian diarsir bagian yang gelap dengan pensil 3B dan 5B


dan terakhir digelapkan lagi dengan pensil 7B agar lebih tegas.

Langkah 12


Selesai dengan lampu kemudian bagian saringan udara dan bemper mobil. Urutan garapan kurang lebih sama dengan diatas. Untuk bagian saringan udara tidak langsung diblok semuanya. Saya gunakan langsung pensil 7B untuk menggambar lubang-lubang kecil. Setelah itu baru diarsir tipis semuanya dengan pensil 3B.

Langkah 13


Selanjutnya yang digarap adalah bagian interior mobil. Arsir tipis dulu dengan pensil 3b keseluruhan bagian interior kecuali kaca jendela sisi kanan mobil.

Setelah itu gunakan pensil 5B untuk menegaskan bentuk

dan terakhir gunakan pensil 7B untuk bagian yang tergelap.

Langkah 14 

(langkah 1)
(langkah 2)
(langkah 3)



Bagian berikutnya adalah bagian roda. Untuk roda perlu diperhatikan bagian velg karena terbuat dari logam dan bentuknya cukup rumit dengan beberapa detail yang kecil. Pastikan pensil selalu runcing ketika menggarap velg tersebut. Saya juga menggunakan pensil mekanik agar lebih mudah menggarap bagian ini.

Langkah 15


Yang terakhir adalah finishing. Perbaiki bila ada bagian-bagian tertentu yang bentuknya masih kurang. Bila diperlukan arsir sekali atau beberapa kali agar sosok mobil lebih mantap tapi tetap perhatikan gelap-terang jangan sampai bagian yang mengkilap ikut diarsir. Tambahkan beberapa detail kecil seperti logo mobil di depan dan bayangan di bawah mobil sehingga tampak realistis.

Setelah melihat tutorial diatas tentu menggambar mobil sport tidak terasa terlalu sulit lagi. Intinya belajar menggambar itu sama dengan mempelajari hal lainnya yaitu bila terus dicoba maka kemampuan menggambarnya akan semakin baik. Mengenali obyek yang akan digambar juga sangat penting seperti pada tutorial ini adalah karakter body mobil yang cenderung mengkilap karena terbuat dari metal. Jika masih ingin yang lainnya silahkan mencoba menggambar setrika.

Komentar

Posting Komentar