Teknik Menggambar Pohon Tak Berdaun



Tutorial kali ini akan membahas tentang cara menggambar pohon yang tak berdaun. Biasanya pada musim tertentu ada jenis-jenis pohon yang menggugurkan daunnya. Kadang keseluruhan daun pohon-pohon tersebut gugur sehingga bentuk ranting, batang dan dahan bisa terlihat dengan lebih jelas. Bentuk bagian batang, dahan dan ranting yang rumit justru bisa menjadi obyek untuk menggambar yang menarik.

Menggambar pohon yang tak berdaun tidak kalah rumit dibandingkan dengan pohon yang berdaun lebat. Karena bagian batang, dahan dan ranting menjadi tampak jelas maka perlu digambar alur penyebaran bagian-bagian tersebut dengan lebih seksama.
Untuk menggambar pohon yang tak berdaun tentu juga memerlukan pertimbangan tersendiri jika dibanding pohon berdaun lebat. Untuk itu mengikuti tutorial berikut ini tentu bisa bermanfaat jika Anda tertarik menggambar pohon yang tak berdaun. Selamat mencoba :).

Membuat sketsa batang utama.



Langkah pertama dalam menggambar pohon tak berdaun adalah membuat sketsa batang utama. Pohon pada umumnya tertumpu pada satu batang utama lalu terbagi ke bagian-bagian yang lebih kecil yang menyebar ke segala arah. Saya juga menggambar garis asal yang seolah seperti membentuk kumpulan daun yang melingkari batang utama. Tentu saja garis ini tidak untuk dijadikan daun nantinya tapi untuk patokan arah persebaran dahan dan ranting.

Menggambar dahan


Langkah berikutnya dalam menggambar pohon tak berdaun adalah menggambar bagian dahan. Dahan selalu menyebar menjauhi batang utama. Arah persebarannya bisa ke mana saja. Patut diperhatikan juga bahwa dahan tidak melulu mengarah ke kiri dan kanan tapi ada juga yang mengarah ke depan.

Menggambar bagian ranting



Setelah dahan selesai dibuat lantas ranting digambar. Sama seperti sebelumnya ranting juga menyebar menjauhi bagian dahan tempat ranting tersebut bertumpu.
Menggambar bagian pohon berarti mengurutkan dari bagian yang lebih besar lalu terbagi terus hingga bagian yang lebih kecil. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.


Mengarsir tipis semua bagian pohon


Setelah sketsa global keseluruhan pohon selesai dibuat kini tinggal menyempurnakannya. Pertama-tama arsir tipis keseluruhan bagian batang, dahan dan kayu. Untuk mengerjakannya saya menggunakan pensil H.

Menggambar karakter pohon


Setelah arsir tipis selesai dikerjakan, langkah berikutnya dalam menggambar pohon tak berdaun adalah membangun karakter pohon. Tentukan arah datang cahaya dan bagian gelap-terangnya agar bentuk bagian-bagian pohon tidak lagi tampak flat. Untuk bagian ini saya menggunakan pensil 3B.

Menyempurnakan karakter pohon


Setelah karakter bentuk pohon cukup jelas kini tinggal disempurnakan sekali lagi. Bagian-bagian yang gelap digelapkan lagi dengan pensil yang lebih pekat. Dalam hal ini saya menggunakan pensil 5B.

Finishing


Langkah terakhir dalam menggambar pohon tak berdaun adalah finishing. Untuk membuat pohon tampak lebih realistis sempurnakan karakter kulit kayu. Saya menggunaka arsir garis-garis kecil seperti berikut ini untuk membuat karakter kulit kayu.

Jika diperlukan gunakan pensil yang lebih pekat lagi untuk bagian yang paling gelap. Gambar juga kumpulan ranting-ranting yang lebih kecil pada bagian-bagian ujung ranting yang sudah dibuat sebelumnya.


Menggambar pohon tak berdaun tentu tak terlalu sulit lagi setelah Anda mengikuti tutorial ini. Selain tutorial ini sebaiknya Anda juga mencoba teknik menggambar pohon.

Komentar

  1. Kereeennn terimakasih ilmunya ka :) !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya sama-sama :D. jangan bosen mampir sini. buka juga tutorial lain buat tambahan siiip

      Hapus
  2. Perlu saya coba nih yang lagi belajar menggambar. Thanks ya bro ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, sorry baru bales. lagi dapet orderan. jangan bosen mampir

      Hapus

Posting Komentar