TEKNIK MENGGAMBAR KUDA DENGAN PENSIL




Untuk tutorial kali ini adalah teknik menggambar kuda dengan pensil. Kuda adalah salah satu hewan yang paling sering digunakan untuk kehidupan manusia terutama sebelum masa transportasi dengan menggunakan kendaraan bermesin. Selain itu untuk waktu yang cukup lama kuda juga sering menjadi simbol sifat tertentu seperti kejantanan misalnya.

Jika dibandingkan dengan menggambar obyek-obyak lain yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya sebenarnya menggambar kuda dengan pensil tidak ada pertimbangan khusus yang berbeda. Karakter postur tubuh kuda yang kokoh dan gagah dengan otot yang cukup menonjol bisa jadi salah satu pertimbangan penting dalam menggarap gambar ini.
Hal penting yang lain dalam tutorial menggambar kuda dengan pensil kali ini adalah dalam teknik membuat sketsa. Untuk kali ini saya ingin menunjukkan cara menggambar sketsa dari gambar aslinya dengan menggunakan Grid atau garis skala. Dengan cara ini maka ukuran antara gambar acuan dengan sketsa yang dibuat di kertas bisa lebih akurat.
Menggambar kuda dengan pensil tentu cukup menarik bagi pecinta hewan tangguh ini. Bagi yang tertarik silahkan mengikuti tutorial berikut. Selamat  mencoba.

Langkah 1


Langkah awal dalam menggambar kuda dengan pensil tentu saja membuat sketsa. Seperti diterangkan sebelumnya saya menggunakan tekhnik menggunakan grid untuk menggunakan sketsa. Konsep tekhnik ini sebenarnya sederhana yaitu dengan menggambar garis-garis mendatar dan tegak pada gambar acuan lalu membuat garis-garis yang sama persis di kertas lembar kerja. Dengan menggunakan garis bantu tersebut maka akan lebih mudah untuk menggambar masing-masing bagian dari gambar acuan.


(perbandingan sketsa dengan gambar acuan)

Agar lebih mudah aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop bisa digunakan untuk membuat garis-garis Grid pada gambar acuan. Bisa juga dilakukan dengan cara konvensional yaitu gambar acuan dicetak dulu dengan printer lalu diberi garis-garis Grid dengan penggaris.

Metode ini tidak membutuhkan keahlian khusus dan siapapun bisa mengerjakannya. Asalkan menggarap dengan teliti maka hasil sketsa di lembar kerja bisa sangat mendekati gambar acuan. 

Langkah 2


Setelah sketsa selesai dibuat arsir tipis seluruh bagian tubuh kuda dengan menggunakan pensil H atau HB. Arsir tipis saja dan jangan terlalu ditekan yang penting merata.

Langkah 3


Gunakan pensil 5B untuk membangun bentuk lekuk otot-otot kuda. Arsir tipis saja dan jangan terlalu ditekan yang penting bentuknya jelas. Agar lebih mudah buat outline bentuk otot dulu sebelum di arsir. Berikut ini adalah contoh kaki kiri belakang yang diberi outline



Langkah 4


Arsir sekali lagi dengan pensil 5B sesuai degan bentuk yang sudah dibuat dengan arsiran tipis sebelumnya. Kali  ini arsir dengan ditekan. Sesuaikan tekanan dimana bagian yang lebih gelap ditambah tekanannya sedang bagian yang lebih terang dikurangi tekanannya. Pada tahap ini keseluruhan bentuk tubuh kuda sudah jelas Cuma masih terlihat agak flat.

(perbandingan yang sudah diarsir lebih gelap dengan yang belum)


Langkah 5


Gunakan pensil 7B untuk bagian-bagian yang lebih gelap dan yang paling gelap (seperti bola mata dan lubang hidung). Arsir juga beberapa bagian yang lebih dalam sehingga bentuknya lebih matang. Pada tahap ini bagian tubuh sudah selesai dibuat dan tinggal mengerjakan bagian bulu dan ekor.

Langkah 6


Untuk bulu dan ekor yang pertama dibuat adalah garis alur rambut dengan pensil 5B.

Setelah itu tetap gunakan pensil 5B untuk mengolah bentuk rambut sesuai garis acuan yang dibuat sebelumnya.

Gunakan pensil 7B untuk menghitamkan bagian yang paling gelap agar karakter rambut semakin matang.

Langkah 7


Langkah terakhir dalam menggambar kuda dengan pensil adalah finishing. Arsir sekali lagi dengan pensil 5B untuk mengurangi kontras antara bagian yang terang dengan yang gelap. Kerjakan bagian latar dengan menggambar rumput, langit dan awan.

Bila menggambar kuda dengan pensil cukup menarik mungkin Anda juga tertarik untuk mencoba teknik menggambar mobil sport.

Komentar