MENGGAMBAR BIBIR



Sekarang saya akan memperlihatkan bagaimana caranya menggambar bibir manusia dengan media pensil warna. Bibir adalah salah satu bagian wajah yang sangat penting, karena ekspresi wajah utamanya ditentukan oleh mimik bibir. Mimik bibir juga bisa menunjukkan ekspresi emosional seseorang seperti ketika marah, senang, sedih dan semacamnya.

Untuk menggambar bibir tentu perlu memahami dulu bagaimana karakterya. Biasanya bibir digambarkan dengan garis bibir tempat pertemuan antara bibir bagian atas dan bagian bawah berupa garis horizontal yang lurus seperti pada contoh berikut.


Sebenarnya garis bibir tidak sepenuhnya lurus seperti digambarkan diatas. Bagian tersebut bergelombang mengikuti kontur bentuk bibir. Sisi kanan dan kiri bibir juga sama bentuk dan ukurannya dan tepat berpotongan di tengah. Gambar Berikut adalah contohnya.


Dengan membuat acuan garis tengah bibir horizontal dan vertikal akan lebih mempermudah ketika ingin menggambar bibir yang menghadap ke arah tertentu. Perlu diperhatikan juga bahwa ketika wajah tidak sepenuhnya menghadap ke depan maka acuan garis horizontal tidak berbentuk garis lurus utuh tapi berupa garis lengkung. Berikut ini adalah contohnya.

dan


Untuk lebih jelas lagi tentang teknik menggambar bibir dengan pensil warna silahkan mengikuti tutorial berikut ini, selamat mencoba :).

Langkah 1



Untuk menggambar bibir yang pertama dilakukan adalah membuat garis acuan untuk bagian tengah bibir. Garis vertikal berbentuk lurus sedang yang horizontal agak melengkung, karena bibir menghadap agak ke kiri bawah.  

Langkah 2



Buat sketsa dengan menggunakan pensil warna sesuai degan garis acuan. Jangan menggunakan pensil biasa karena lebih pekat dibanding pensil warna. Untuk sketsa saya gunakan warna krem sebagai warna dasar. Setelah selesai membuat sketsa hapus acuan garis yang sudah dibuat sebelumnya.   

Langkah 3



Langkah ketiga dalam menggambar bibir adalah membuat arsiran dasar. Gunakan warna krem yang sudah dipakai sebelumnya untuk membuat sketsa untuk mengarsir tipis bibir. Tandai bagian-bagian tertentu yang menghadap cahaya agar tidak ikut diarsir.

Langkah 4



Setelah arsiran dasar buat karakter bibir dengan masih menggunakan warna krem. Pada bagian yang nanti lebih gelap agak ditebali sedikit. Bentuk bibir pada tahap ini sudah cukup terlihat.

Untuk membuat karakter kerutan bibir caranya adalah dengan mengarsir secara vertikal seperti contoh berikut.

Langkah 5


Langkah berikutnya adalah mempertegas karakter warna bibir. Gunakan pensil warna merah untuk mengarsir sesuai dengan hasil arsiran dengan warna krem pada langkah sebelumnya. Arsir agak tebal pada bagian yang gelap.

Langkah 6


Agar bentuknya semakin muncul gunakan pensil warna merah kecoklatan pada bagian-bagian yang lebih gelap. Jangan terlalu ditekan ketika mengarsir agar warnanya tidak menjadi terlalu kontras.

Langkah 7


Agar lebih muncul lagi gunakan warna coklat pekat pada bagian yang tergelap terutama pada garis bibir. Arsir tipis saja.


Gunakan warna hitam untuk menggelapkan garis bibir. Cara arsirnya sama yaitu tipis saja dan jangan ditekan.
Pada tahap ini bagian bibir sudah jadi.

Langkah 8


Agar lebih sempurna gambar juga bagian wajah di sekitar bibir seperti pipi, bagian bawah dan bagian atas bibir. Gunakan warna krem sebagai warna dasar kemudian arsir tipis bagian-bagian tersebut. Tebalkan arsiran pada bagian yang berwarna lebih gelap.

Langkah 9


Setelah arsiran dasar kulit wajah selesai gunakan warna coklat untuk menggelapkan bagian-bagian tertentu seperti bagian bawah dan ujung-ujung bibir.

Agar lebih jelas bentuknya gunakan warna coklat gelap untuk mengarsir bagian-bagian paling gelap seperti bagian bawah bibir.


Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba tutorial menggambir bibir diatas? Jika masih ingin yang lainnya silahkan juga mencoba menggambar bunga mawar dengan pensil warna

Komentar

Posting Komentar