CARA MENGGAMBAR TELAPAK TANGAN DENGAN PENSIL WARNA


Sekarang akan saya bahas tentang cara menggambar telapak tangan dengan pensil warna. Untuk menggambar telapak tangan perlu diketahui tentang proporsi dan struktur dasar bagian tubuh tersebut. Untuk hal ini Anda bisa membuka lagi tutorial tentang cara menggambar telapak tangan.
Tutorial kali ini khusus membahas mengenai cara menggambar telapak tangan dengan pensil warna. Karena itu fokusnya pada pengerjaan karya setelah sketsa selesai dibuat hingga tahap finishing dengan menggunakan pensil warna.

Untuk mempermudah memilih pensil warna yang akan dipakai maka pada tutorial kali ini saya juga akan menambahkan keterangan tentang pensil warna yang saya gunakan pada masing-masing tahap.
Sebagai tambahan pensil warna yang saya gunakan adalah pensil warna Faber Castell. Pada ujung bagian belakang pensil ada nomor kode untuk setiap warna. Nomor kode ini saya cantumkan nanti untuk memberi keterangan mengenai warna apa yang saya gunakan.
Saya harap tutorial cara menggambar telapak tangan dengan pensil warna ini bisa berguna bagi Anda yang tertarik. Karena itu seperti biasanya, saya ucapkan selamat mencoba :).

Langkah 1 Membuat Proporsi Dasar Setiap Bagian Telapak Tangan



Proporsi adalah salah satu hal yang paling vital ketika Anda ingin menggambar, terutama bila yang digambar adalah karya realis. Untuk mempermudah menggambar sketsa sebaiknya buat dulu struktur dasar masing-masing bagian telapak tangan dengan proporsi yang benar. Sebagai saran sebaiknya Anda menggunakan referensi foto telapak tangan atau bisa juga menjadikan telapak tangan Anda sendiri sebagai obyek gambar. Dengan demikian Anda akan lebih mudah menentukan proporsi telapak tangan yang akan digambar dibanding bila mengarang.  Untuk tahap ini saya menggunakan pensil warna coklat pekat (kode 380).








Langkah 2 Membuat Sketsa Telapak Tangan


Setelah proporsinya digambar langkah kedua dalam cara menggambar telapak tangan dengan pensil warna adalah membuat sketsa. Pensil warna yang saya gunakan masih sama yaitu warna coklat pekat (kode 380). Selain bentuk utama setiap bagian telapak tangan beberapa detail seperti garis-garis ruas jari, keriput di tengah telapak tangan dan kuku juga saya gambar.








Langkah 3 Mengarsir Dengan Warna Dasar Kulit


Setelah sketsa jadi maka sekarang tinggal mengarsir sesuai bentuk setiap bagian dengan warna dasar kulit yaitu coklat agak kekuningan (kode 387). Untuk mempermudah proses ini mungkin Anda bisa membuat garis dulu untuk menandai bidang mana saja yang akan diarsir.


(garis penanda bagian yang akan diarsir)

Pada tahap ini bentuk telapak tangan secara umum sudah tampak.






Langkah 4 Menambahkan Detail


Untuk menyempurnakan bentuk telapak tangan dan bagian-bagiannya tambahkan detail-detail pada bagian-bagian tertentu. Agar tampak realistis tambahkan beberapa kesan keriput atau kulit yang terlipat pada kulit muka telapak tangan.

Bagian kuku (pada ibu jari) juga diarsir agar tampak karakternya yang mengkilap. Untuk tahap ini masih gunakan warna coklat kekuningan seperti yang dipakai pada tahap sebelumnya. Sekarang sudah bisa dilihat bentuk telapak tangan yang seperti aslinya, hanya saja warna dan karakternya masih kurang matang.






Langkah 5 Menambahkan Aksen Warna Coklat Kemerahan


Agar warnanya menjadi semakin matang tambahkan warna coklat kemerahan (kode 378). Arsir merata di semua tempat, sedangkan pada bagian yang lebih gelap arsir dengan agak ditekan sedikit agar kesan gelapnya terasa.







Langkah 6 Mempertegas Bagian-bagian Tergelap


Agar bentuk dan karakter telapak tangan semakin jelas maka bagian yang tergelap perlu dipertegas dengan warna yang lebih gelap. Untuk langkah ini saya gunakan warna coklat pekat (kode 376). Arsir tipis-tipis saja pada bagian tersebut tetapi lakukan berulang-ulang. Jangan mengarsir dengan ditekan terlalu keras karena justru akan membuat kotor dan warna gelapnya terlalu kontras.







Langkah 7 Memperkuat kesan-kesan Warna Kulit


Agar karakter kulit semakin kuat maka perlu ditambahkan aksen warna krem (kode 330). Warna ini diarsir terutama pada bagian muka telapak tangan agar memberi kesan agak kemerahan. Arsir lebih tebal pada bagian-bagian yang lebih gelap.







Langkah 8 Mematangkan Warna Kulit

Agar semakin matang lagi warnanya maka tambahkan lagi beberapa warna dengan mengarsir tipis. Saya gunakan warna merah kecoklatan (kode 392) untuk semua bagian. Untuk bagian yang gelap saya ulang beberapa kali arsiran tipisnya. Sedang  untuk bagian muka saya tambahkan warna pink (kode 329) agar kesan kemerahan semakin kuat.







Langkah 9 Finishing


Langkah terakhir dalam cara menggambar telapak tangan dengan pensil warna adalah finishing. Gunakan semua warna yang sudah digunakan sebelumnya untuk mematangkan warna. Pada bagian yang tergelap saya juga mengarsir tipis warna hitam (kode 399) agar bentuknya lebih jelas. Beberapa bentuk yang terlihat agak janggal juga saya perbaiki pada tahap ini.







Nah, cukup mudah bukan untuk menggambar telapak tangan dengan pensil warna. Saya harap tutorial cara menggambar telapak tangan ini cukup membantu bagi siapa saja yang tertarik untuk mencoba.    



  

   

Komentar