CARA MENGGAMBAR TELAPAK TANGAN



Banyak orang yang masih bingung tentang cara menggambar telapak tangan. Telapak tangan adalah salah satu bagian tubuh yang sering menjadi obyek gambar. Untuk itu pada tutorial kali ini saya akan membahas teknik dasar menggambar telapak tangan.  


Proporsi Telapak Tangan


Untuk bisa memahami cara menggambar telapak tangan maka perlu diketahui struktur dasarnya.
Telapak tangan terdiri dari bagian tengah telapak tangan dan lima buah jari. Bentuk dasar bagian tengah tersebut hampir menyerupai kotak. Bagian atas yang merupakan posisi pangkal empat jari selain ibu jari berada meski tampak sejajar tetapi sebenarnya tidak begitu.

Pangkal Jari tengah berada pada posisi paling tinggi dan merupakan jari yang paling panjang. Posisi pangkal Jari telunjuk dengan jari manis hampir sejajar. Panjang jari manis agak sedikit lebih pendek dari jari telunjuk. Posisi pangkal jari kelingking lebih rendah dari jari manis. Jari kelingking adalah yang paling pendek dibanding ketiga jari lain yang berada di bagian atas telapak tangan. Jempol atau ibu jari letaknya di sisi samping bagian bawah telapak tangan. Pangkal ibu jari terletak sedikit diatas bagian bawah telapak tangan sedangkan ujung atasnya berada hampir sejajar dengan pangkal ruas jari tengah.

Proporsi Telapak Tangan Dari Samping

Jika telapak tangan dilihat dari samping maka proporsinya seperti tampak pada gambar berikut.

Persendian yang berada di ruas pertama pada keempat jari selain jempol adalah titik tengah antara tulang persendian di pangkal jari dan ujung jari. Setiap jari selain jempol/ibu jari memiliki tiga ruas jari. Ibu jari hanya memiliki dua ruas. Pada setiap jari ruas yang satu dengan lainnya panjangnya sama. Tulang sendi pada pangkal ibu jari adalah titik tengah antara pergelangan tangan dengan ujung ibu jari.

Teknik Menggambar Telapak Tangan

Dengan mengetahui struktur dasar tersebut maka cara menggambar telapak tangan akan lebih mudah dikerjakan. Untuk mempermudah menggambar sebaiknya terlebih dahulu membuat bentuk dasar masing-masing bagian telapak tangan. Proporsi telapak tangan yang sudah disebutkan sebelumnya menjadi patokan untuk ukurannya. Berikut contohnya.

Dengan membuat bentuk dasar yang berpatokan pada proporsi telapak tangan maka Anda bisa membuat lebih banyak gambar telapak tangan dengan pose yang berbeda-beda. Berikut contohnya.

(Contoh 1)

(Contoh 2)

(Contoh 3)

(Contoh 4)

(Contoh 5)

Agar lebih mudah untuk menggambar telapak tangan bisa juga dengan menjadikan tangan Anda sendiri atau tangan orang lain sebagai obyek acuan. Anda bisa mengubah-ubah berbagai pose untuk berlatih menggambar telapak tangan. 

Setelah mengikuti tutorial cara menggambar telapak tangan mungkin Anda ingin mencoba tips dan teknik menggambar yang lainnya.

Untuk itu silahkan kunjungi juga cara menggambar telapak tangan dengan pensil warna. Selamat mencoba.  


Komentar