LUKISAN IKAN 3D YANG MENARIK



Salah satu karya seni yang sedang naik daun dan cukup popular saat ini adalah lukisan ikan 3D. jika anda mencari di search engine tentang 3D fish painting atau lukisan ikan 3D maka yang akan muncul adalah beberapa foto ikan yang sedang berenang di dalam sebuah wadah. Foto tersebut tampak nyata seperti ikan asli seakan-akan bisa diambil dengan tangan padahal itu hanyalah sebuah lukisan.

Seniman yang melukis karya tersebut membuat suatu ilusi optik dimana hasil akhir karya tampak memiliki volume seperti ikan asli.


Sungguh hebat bukan, lukisan diatas tampak seperti kumpulan ikan yang sedang berenang di dalam sebuah kotak. Kalau hanya dilihat sekilas tentu orang akan tertipu dengan penampilannya yang tampak realistis seakan ingin mengambil ikan tersebut.

Karya yang kreatif tersebut dibuat dengan memanfaatkan teknik yang tidak umum digunakan oleh mayoritas seniman. Meski begitu teknik tersebut pada dasarnya cukup sederhana dan sangat mungkin untuk dipelajari. Untuk membuat sebuah karya seni ikan 3D sang seniman membuat beberapa lapisan tipis yang terbuat dari resin transparan. Pada setiap lapisan tersebut di lukis masing-masing bagian hingga yang teratas. Pada lapisan yang paling bawah dibuat bentuk garis besar obyek, dalam hal ini ikan, yang akan digambar. Pada lapisan terbawah ini bentuknya masih sederhana sekilas hanya seperti gambar siluet ikan yang agak transparan. Setelah lapisan pertama ini jadi lalu ditumpuk lagi dengan beberapa lapisan tipis lain diatasnya. Pada masing-masing lapisan tersebut ditambahkan detail bentuk sisik ikan hingga pada lapisan yang paling atas adalah yang paling detail. Setelah itu dituang lapisan resin lagi diatasnya.

Karena lukisan tersebut dibuat dalam beberapa lapis maka kalau dilihat dari atas terlihat seakan seperti ikan asli yang sedang berenang di dalam air. Sangat fantastis, padahal hanya sebuah ilusi optik.

Jika karya seperti diatas sudah dianggap hebat maka mungkin Anda akan takjub dengan gambar berikut ini.



Sangat menakjubkan, lukisan diatas tidak Cuma menggambarkan cumi yang sedang berenang di dalam air bahkan bagian kepalanya muncul ke permukaan. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana memunculkan kepala cumi tersebut di atas permukaan air. Sebenarnya caranya tidak jauh beda dengan yang sudah diperlihatkan sebelumnya yaitu dengan menumpuk lapisan. Untuk bagian yang menonjol di permukaan maka ditambahkan lagi lapisan resin khusus untuk bagian tersebut dan diolah sama seperti bagian yang di bawah permukaan. Dengan demikian maka kepala cumi tampak muncul ke permukaan.

Beberapa karya di atas adalah hasil garapan seorang seniman Singapura bernama Keng Lye. Ia sudah bereksperimen dengan membuat berbagai karya 3D yang memakai teknik lapisan resin tersebut. Bahkan ia juga membuat lukisan daun dengan rantingnya di dalam air yang tampak sangat realistis dengan teknik tersebut. Berikut ini adalah fotonya.



Sungguh asyiik kalau melihat lukisan tersebut di rumah seperti kalau memelihara ikan dalam akuarium saja. Karena itu juga kalau dipikir-pikir seni 3D ini bisa juga membuka peluang usaha terutama yang bergerak di bidang furniture. Coba bayangkan kalau ada meja tamu dengan lukisan ikan 3D seperti diatas. Pasti akan sangat menarik sekali sebagai pajangan di ruang tamu. Itulah yang namanya sebuah ide seni yang kreatif bisa mendatangkan prospek pekerjaan yang menguntungkan. Anda tertarik?

  

Komentar