TEKNIK MENGGAMBAR EKSPRESI WAJAH MANUSIA



Sebagai kelanjutan dari tutorial sebelumnya yaitu teknik menggambar sketsa wajah kali ini saya akan membahas mengenai teknik menggambar ekspresi wajah manusia. Di dunia nyata cara termudah untuk memahami seseorang terutama apa yang dirasakannya saat itu adalah dengan melihat ekspresi wajahnya. Hal itu juga berlaku dalam dunia seni rupa. Untuk memperlihatkan karakter yang lebih kuat ketika menggambar wajah maka perlu juga menambahkan ekspresi wajahnya apakah ia sedang sedih, marah, gembira dan semacamnya, sehingga karya yang dibuat jadi lebih hidup.


Semua orang tentu setuju kalau gambar wajah yang memiliki ekspresi lebih menarik ketimbang yang cuma diam saja. Karena itu bagi yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknik menggambar ekspresi wajah ini silahkan ikuti penjelasan berikut. Selamat mencoba.

Bentuk alis mata dan bibir


Hal yang perlu dicermati adalah bentuk alis, mata dan bibir. Ini penting dalam teknik menggambar ekspresi wajah karena bagian-bagian tersebut bisa mempertegas ekspresi wajah yang bisa dilihat orang lain. Bentuk bibir, alis dan mata bisa diubah menjadi bentuk tertentu seperti bentuk bulan sabit, oval atau bulat untuk menggambarkan mimik atau ekspresi emosional. Anda bisa mengikuti lebih lanjut selengkapnya pada penjelasan di bawah.

Ekspresi gembira


Sebagai sambutan pertama dalam teknik menggambar ekspresi wajah saya akan menerangkan mengenai ekspresi gembira. Siapa tahu sambutan yang menyenangkan bisa mengundang lebih banyak orang hahaha. Secara sederhana ekspresi gembira bisa digambarkan dengan bentuk bibir yang seperti bulan sabit atau seperti huruf U yang lebar dan mendatar. Sedang bagian mata atau alis tidak berubah.
Ini hanyalah gambaran sederhana saja sedangkan kenyataannya selalu ada perubahan bentuk pada semua bagian wajah akibat gerakan bibir dan mulut. Karena otot pipi yang agak mendorong ke atas bagian bawah mata jadi agak menyipit ke atas. Ekspresi gembira tentu saja tidak hanya senyum datar seperti diatas tetapi juga bisa senyum lebar atau bahkan tertawa terbahak-bahak.
Proporsi dasar wajah tetap menjadi acuan untuk menggambar apapun ekspresinya. Untuk menggambar ekspresi wajah gembira bisa dimulai dengan membuat acuan proporsi wajah seperti yang dijelaskan pada teknik menggambar sketsa wajah sebelumnya. Berikut contohnya.



sebagai tambahan karena ada ekspresi wajah yang membuat mulut membuka lebar maka mungkin jarak antara hidung ke dagu agak bertambah dibanding pada proporsi dasar.

Ekspresi Marah


Ekspresi kedua dalam teknik menggambar ekspresi wajah yang saya bahas adalah ekspresi marah. Secara sederhana gambaran mimik wajah yang marah adalah seperti berikut ini.


Yang paling menonjol adalah bentuk kedua alis yang miring ke arah tengah bawah seperti membentuk huruf V, sedangkan bentuk bibir bisa beraneka macam seperti datar, membuka atau melengkung. Untuk menggambar ekspresi wajah marah silahkan mencoba beberapa contoh di bawah ini.


Ekspresi Sedih


Untuk teknik menggambar ekspresi wajah berikutnya adalah ekspresi sedih. Untuk gambaran sederhananya adalah seperti berikut ini.


Mimik wajah sedih paling menonjol ditunjukkan dengan kedua alis yang seperti miring ke tengah atas kebalikan dari ekspresi marah. Selain itu ciri lainnya adalah bibir yang melengkung ke atas, kebalikan dari ekspresi gembira. Dengan bentuk kedua alis seperti diatas tetap terlihat sedih meski bibirnya datar. Untuk menggambar ekspresi sedih silahkan mencoba beberapa contoh berikut.



Berbagai ekspresi wajah lainnya


Kalau dihitung sebenarnya ekspresi wajah bisa dibilang sangat banyak sekali sehingga tidak sempat saya bahas satu persatu. Ketiga ekspresi yang disebut sebelumnya bisa dibilang baru sebagian kecil saja karena saya anggap ketiganya yang paling umum. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada beberapa contoh lagi tentang berbagai macam ekspresi wajah.


Ekspresi wajah bisa dibilang sangat banyak sekali bahkan terlalu banyak. Karena itu untuk teknik menggambar ekspresi wajah saya sarankan sebaiknya juga memakai acuan entah foto, entah gambar atau mungkin dengan melihat cermin sambil membuat ekspresi tertentu terserah Anda.


Nah demikian pembahasan mengenai teknik menggambar ekspresi wajah. Saya harap bisa membantu Anda yang tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang teknik menggambar. Kunjungi juga teknik menggambar wajah manusia atau postingan lain di blog ini untuk memperkaya pengetahuan dan ketrampilan Anda dalam menggambar.  

Komentar

Posting Komentar