TEKNIK MENGGAMBAR SKETSA WAJAH


Sekarang saya akan membahas serba-serbi cara menggambar wajah dimulai dengan postingan yang sekarang yaitu teknik menggambar sketsa wajah. Banyak orang yang cukup kesulitan untuk menggambar wajah dengan hasil yang memuaskan. Biasanya hasil akhir yang bagus telihat ketika wajah yang digambar memiliki postur dan bentuk yang anatomis atau sesuai dengan anatomi wajah. Akan terlihat janggal kalau bagian wajah tertentu seperti mata atau bibir terlalu melebar atau penempatannya salah.

Sebagai dasar menggambar wajah tentu membuat sketsa yang anatomis sangat penting. Untuk itu silahkan mempelajari selengkapnya tentang cara menggambar sketsa wajah berikut ini. Selamat mencoba.


Proporsi Wajah Manusia



Hal pertama yang perlu diketahui dalam teknik menggambar sketsa wajah adalah proporsi anatomi wajah manusia. Di postingan cara menggambar wajah artis nikita willy  dan juga pada menggambar wajah artis pria sekilas sudah dibahas tentang anatomi wajah. Sekarang akan saya pertegas kembali tentang proporsi anatomis wajah manusia tersebut. Untuk mempermudahnya silahkan lihat gambar berikut ini.
Proporsi Wajah Manusia

wajah pria dari depan

Ini adalah gambar proporsi wajah dari depan. Proporsi wajah manusia baik pria dan wanita pada umumnya sama. Untuk menggambar proporsi wajah yang tepat berikut langkahnya.
  • Buatlah sebuah lingkaran dan gambar garis tengah vertikal dan horizontalnya. Garis vertikal adalah garis tengah wajah sedang garis horizontal kelak adalah posisi alis.
  • Posisi mata secara vertikal tepat berada di tengah-tengah wajah. Posisi mata juga berada pada jarak sekitar 1/3 dari alis ke hidung.
  • Jarak dari rambut-alis, alis-hidung dan hidung-dagu adalah sama.
  • Letak bibir adalah sekitar 1/3 jarak dari hidung ke dagu.
  • Untuk mata buat garis horizontal lalu bagi menjadi 5 bagian. Bagian yang kedua dan keempat adalah tempat nanti mata akan digambar. Kedua ujung garis ini adalah posisi telinga nanti akan digambar.
  • Setelah proporsi dasar sudah dibuat maka bisa dilanjutkan dengan membuat sketsa wajah.
Untuk wajah wanita seperti disebutkan diatas tidak terlalu berbeda proporsinya dibanding wajah pria hanya wajah wanita biasanya sedikit lebih pipih bagian pipinya. Berikut contoh gambarnya.
wajah wanita dari depan

Untuk proporsi wajah dari samping tidak banyak bedanya. Berikut contoh gambarnya.

proporsi wajah dari samping

Dilihat dari samping maka garis tengah vertikal lingkaran yang dibuat bukan lagi garis tengah wajah tetapi menjadi posisi tempat telinga akan digambar. Baik untuk pria dan wanita proporsi wajah dari samping sama saja. Berikut contohnya.


wajah pria dan wanita dari samping


Proporsi wajah yang diperlihatkan diatas adalah proporsi wajah yang normal untuk orang dewasa. Meski begitu mungkin di dunia nyata ada perbedaan pada proporsi masing-masing orang karena bentuk wajah setiap orang tidak selalu sama. Ada yang cenderung wajahnya melebar, pipih, bulat, tirus dan semacamnya. Karena itu jika nanti ingin menggambar wajah seseorang gunakan proporsi diatas sebagai patokan dasar saja sedang finishing garapan disesuaikan dengan proporsi dan bentuk wajah yang sedang digambar.

Menggambar Wajah Dari Berbagai Sudut Pandang


Setelah mengetahui proporsi wajah manusia sekarang saya akan melanjutkan dengan teknik menggambar sketsa wajah dari berbagai sudut yang berbeda. Ketika menggambar sesuatu dari sudut yang berbeda pada umumnya akan terlihat sedikit distorsi bentuk dan ukuran. Misal bagian yang lebih jauh tampak lebih kecil dari yang lebih dekat atau beberapa bagian yang dibelakang terhalang oleh bagian yang di depan yang lebih tinggi posisinya. Wajah manusia juga begitu. Wajah manusia tentu tidak rata. Beberapa bagian ada yang lebih tinggi sedang yang lainnya lebih dalam. Meski begitu patokan proporsi wajah yang sudah dibahas sebelumnya tetap digunakan meski mungkin ada sedikit distorsi. Karena itu saya sarankan untuk menggunakan model atau acuan, boleh model orang langsung atau juga mencontoh foto atau gambar wajah, ketika menggambar sketsa wajah dari sudut tertentu.

Langkah-langkah dalam teknik menggambar sketsa wajah dari sudut tertentu tidak jauh beda jika dibandingkan dengan menggambar wajah dari depan. Hanya mungkin arahnya yang agak berbeda. Contoh berikut ini bisa dijadikan patokan.

Langkah 1



Pertama buatlah sebuah lingkaran. Lingkaran ini mewakili bentuk tempurung kepala.

Langkah 2


Setelah itu buat garis vertikal yang menjadi garis tengah wajah berdasar arah kemana wajah menghadap. Misal kalau wajah menghadap agak ke kiri maka garis tersebut dibuat sebelah kiri lingkaran. Setelah itu tentukan posisi setiap bagian wajah seperti rambut, alis, mata, hidung, dagu, bibir dan telinga dengan mengikuti patokan proporsi wajah diatas. Bila wajah agak menghadap ke bawah atau ke atas maka posisi yang terjauh mungkin agak dikurangi sedikit jaraknya. Misal kalau wajah menghadap ke bawah sedang sudut pandangnya dari atas maka bagian dagu agak dikurangi sedikit jaraknya. Sebaliknya kalau menghadap keatas maka bagian rambut yang agak dikurangi sedikit jaraknya.

Langkah 3


Setelah posisi masing-masing bagian ditetapkan maka buat sketsa kasar dulu dengan pensil yang kurang pekat, seperti H atau HB.

Langkah 4

Kalau sudah mantap dengan bentuknya sempurnakan sketsa kasar yang dibuat sebelumnya menjadi sketsa jadi.
Cobalah lagi menggambar wajah dari sudut yang berbeda. Berikut dua contoh lain yang bisa Anda coba buat.



Nah, agar lebih mantap cobalah pula beberapa contoh berikut untuk latihan teknik menggambar sketsa wajah dari berbagai sudut. Saya juga sarankan agar anda juga mencoba-coba sendiri dengan acuan foto lain agar feel atau rasa akan bentuk proporsi wajah manusia dari sudut tertentu semakin terasah. Akan sangat berguna nanti kalau anda ingin menjadi seorang illustrator, pelukis atau desainer grafis untuk memiliki kemampuan ini.



Menggambar Wajah dengan Menggambar Garis Tengah Dulu

Ada juga cara lain untuk teknik menggambar sketsa wajah manusia selain dengan cara diatas yaitu dengan dimulai menggambar garis tengah wajah. Berikut contohnya.


Buatlah garis vertikal sebagai garis tengah wajah. Pada contoh diatas wajah agak miring dan menghadap kedepan maka garisnya digambar miring dan tepat di tengah. Agar lebih mudah mengatur proporsi yang pertama digambar adalah garis untuk bagian mata, berhubung posisi mata tepat berada di tengah wajah.


Setelah itu tentukan juga posisi bagian-bagian lain seperti alis, hidung, bibir, dagu dan rambut sesuai dengan patokan proporsi wajah diatas.


Setelah itu buat sketsa kasar sesuai proporsi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Yang terakhir adalah finishing dengan mempertebal garis sketsa kasar.

Nah, demikian tutorial tentang teknik menggambar sketsa wajah saya harap bisa berguna buat Anda. Kunjungi juga tutorial teknik menggambar ekspresi wajah manusia atau konten lain di blog ini yang Anda anggap menarik. Saya juga berharap ke depannya kita bisa sharing macam-macam termasuk komentar, saran, pengetahuan, kritik juga gak apa-apa deh lewat blog ini.  Terima kasih sudah mampir J.

Komentar

  1. terima kasih sangat membantu.
    untuk teknik menggambar telinga ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum je. masih sibuk kerjaan diluar ngeblog. entar udah rada lowong aku lanjutin lagi.

      Hapus
  2. teknik menggambar mata juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah senang mampir :). Untuk bagian wajah (mata, hidung dll) dan bagian tubuh juga nanti akan menyusul. Jangan bosen mampir ya

      Hapus
    2. ak suka mampir dsini mas.
      ada teknik yang lebih mudah untuk pemula seperti saya?

      Hapus
    3. yang ada disini si tak anggap sudah cukup mudah diikuti. buat saran tambahan aja Mbak daengnya coba berlatih menggambar wajah sebanyak mungkin. bahkan gak masalah sekalipun dengan menjiplak foto atau gambar wajah orang lain. gunanya itu untuk melatih feel atau rasa biar bentuk, karakter sama ekspresi wajahnya bisa tertanam di otak. Ya nanti aku juga cari2 referensi juga kalau ada metode yang lebih mudah lagi, kalau ketemu tak bagi di blog ini. Selamat berlatih :)

      Hapus
  3. Harebat oiiii.... Tks berat...

    BalasHapus
  4. Keren.. sangat bermanfaat ^^

    BalasHapus
  5. Di coba yaa.. Semoga kali ini bisa mirip sm yg aslinya pake cara ini;3 terimakasih atas infonyaaa

    BalasHapus
  6. mas ini blog masih aktif kah??? update lagi dong...
    soal nya enak belajar disini mudah dipahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih aktif mas tenang aja, sory lama gak update, lg ngusahain peralatan baru scanner and omputer abis yg lama rusak

      Hapus
  7. Keren..! Sangat bermanfaat.. Sukses terus gan..!

    BalasHapus
  8. Bagus dan bermanfaat bgt.lanjutkan utk berbagi ilmunya lagi mas

    BalasHapus
  9. Langsung save page buat ditulis materinya. Thanks mas materinya mudah dipahami.

    BalasHapus
  10. Cara tekhik arsir untuk penyempurnaan gambar dong min :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir, maaf baru bales. Untuk teknik arsir saya pernah membahasnya di http://www.teknikmenggambar.com/2016/05/cara-mengarsir-dengan-pensil-graphit.html . silahkan buka link diatas mas :)

      Hapus
  11. sangat bermanfaat, mampir juga https://afatkhurrozi.wordpress.com/2017/12/01/tips-melukis-wajah/

    BalasHapus
  12. perspectivenya ok mas sangat membantu tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas, sory baru bales. jangan bosen mampir ya

      Hapus
  13. Keren... Mantap..
    Makasih ya sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
  14. Keren... Mantap..
    Makasih ya sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas moga semangat terus latian gambarnya heheh

      Hapus
  15. Ini udah ngebantu banget min. Thx tutorialnya. Tapi kenapa ga coba bikin tutorial di youtube min? Biar bisa sambil di peragain gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah coba Mas, channel nya Rifqi Aji juga. boleh di browse, cuma kontennya masih terbatas maklum masih banyak kurang sini sana whhhh

      Hapus
  16. Gimana ya udah coba berkali2 gagal terus😥😥. Kayanya emang gk bakat gambar wajah manusia, padahal gambar karakter anime bisa. Ada Saran gak bang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan bilang gak bakat atuh, gak butuh bakat untuk bisa menggambar, latihan aja terus sampai bisa. untuk karakter anime biasanya wajahnya tirus ya. na sekarang coba sebanyak mungkin melatih menggambar bentuk kotak (tidak seratus persen kotak) persegi panjang, dibagian ujungnya dilancipin (untuk dagu). itu untuk melatih biar sense bentuk wajah/kepala tertanam diotak. soalnya kalau udah terbiasa sama satu bentuk (anime yang tirus) biasanya sulit juga untuk keluar dari bentuk itu waktu gambar orang. gitu terus aja diulang2 sampai nyaman dengan bentuk persegi panjang berujung lancip tadi. kalau udah mantap baru kasi detail seperti mata,hidung dll. proporsi wajahnya ada ditutorial diatas. selamat mencoba

      Hapus
  17. Terutama bagian rambut bang gimana ya biar halus Kaya gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sendiri belum buat tutorial untuk rambut si, sekedar tips aja, kalau kesulitan dengan bentuk rambut bisa mencontoh referensi foto atau gambar. terus untuk membuat garisnya, mulai aja dulu dengan garis-garis lurus pendek2 untuk buat outline bentuk rambut. kalau bentuknya udah keliatan bagus baru dihaluskan dengan bentuk lengkung sesuai bentuk dasar tadi. moga bermanfaat

      Hapus
  18. Makasih ya sangat membantu

    BalasHapus
  19. Mas ga ada buku nya ta? Kayak panduan cara gambar sketsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku gak bikin buku je. cuma ngeblog. Ni lagi mau proyek di Youtube nanti kalo udah mulai boleh mampir.

      Hapus
  20. Rekomenin pensilnya dong mas

    BalasHapus
  21. Terimakasih blognya sangat membantu🙏🙏

    BalasHapus
  22. langkah-langkahnya sangat membantu

    BalasHapus
  23. mksii🤝tekniknya sgt mudah dilakukan🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 semoga bermaanfaat. maaf baru balas. sejak covid jadi jarang fokus garap blog. nyari sambilan lain. :)

      Hapus

Posting Komentar