TEKNIK MENGGAMBAR WAJAH BAYI



Untuk tutorial kali ini saya menampilkan teknik menggambar wajah bayi. Setiap kali melihat wajah bayi tentu kesan yang timbul adalah kesan menyenangkan. Wajah bayi yang imut dan menggemaskan membuat tangan rasanya ingin mencubit pipinya. Kesan imut itu pula yang akan dibangun lewat media pensil dalam bentuk gambar. Tentu kalau menggambar wajah bayi tapi tampak suram atau kurang imut hasilnya kurang memuaskan. Untuk itulah kali ini saya menyajikan teknik menggambar wajah bayi ini.

Sebelumnya pernah diulas tentang teknik menggambar wajah manusia. Silahkan lihat lagi tutorial terdahulu dengan tema tersebut. Pada ulasan kali ini sebenarnya tidak terlalu banyak berubah dibanding teknik menggambar wajah orang dewasa, meski ada perbedaah sedikit pada aturan proporsi wajah. untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Proporsi Wajah Bayi


Mengetahui proporsi wajah bayi adalah hal yang penting dalam teknik menggambar wajah bayi. Wajah bayi memiliki proporsi yang berbeda dibanding orang dewasa dimana pada umumnya matanya terlihat lebih besar, bibir mungil, dan pipi lebih melebar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.
                         

Proporsi wajah bayi dari depan


Proporsi wajah bayi dari samping

Pada proporsi diatas yang berada di posisi tengah wajah adalah bagian alis (pada orang dewasa yang berada di posisi tengah adalah mata). Jarak antara dagu ke hidung, hidung ke alis dan alis ke rambut adalah sama. Proporsi yang digambarkan diatas adalah proporsi wajah untuk bayi berusia sekitar satu tahun.

Untuk usia dua atau tiga tahun proporsinya agak berbeda sedikit dimana alis, mata, hidung dan bibir agak naik sedikit. Karena kenaikannya Cuma sedikit sekali tidak saya gambarkan di sini.

Teknik Menggambar Wajah Bayi 


Proporsi wajah bayi diatas bisa dijadikan acuan untuk menggambar wajah bayi dengan berbagai sudut. Setelah mengetahui sekilas tentang proporsi wajah bayi silahkan mengikuti tutorial selanjutnya.

Langkah 1


Langkah pertama dalam teknik menggambar wajah bayi adalah membuat acuan proporsinya. Gunakan pensil yang tipis saja untuk langkah ini. Ikuti acuan proporsi wajah bayi yang ditampilkan diatas tetapi dengan wajah menghadap ke arah yang berbeda.

Langkah 2


 Setelah proporsi wajah selesai dibuat langkah kedua dalam teknik menggambar wajah bayi adalah menggambar sketsa wajah. gambar sketsa wajah sesuai acuan proporsi yang sudah dibuat sebelumnya. Sebaiknya jangan melangkah ke langkah berikutnya kalau sketsanya belum matang atau kelihatan ada yang janggal.

Langkah 3


Langkah berikutnya dalam teknik menggambar wajah bayi adalah membuat arsiran kasar agar kelihatan gelap terang dan volume wajah. Tentang teknik ini juga sudah saya bahas pada cara mengarsir dengan pensil graphit pada bagian urutan mengarsir. Perhatikan baik-baik ketika mengarsir bagian mana yang kena cahaya dan yang membelakangi cahaya.

Langkah 4


Langkah terakhir dalam teknik menggambar wajah bayi ini adalah menyempurnakan bentuk wajah dengan arsiran kasar yang sebelumnya dibuat. Saya gunakan pensil pekat 5B untuk mengarsir bagian yang gelap . saya arsir bagian tersebut tipis-tipis agar tak terlalu gelap. Sedang untuk bagian tergelap seperti bola mata dan mulut saya gunakan pensil 7B.

Kalau anda ingin mencoba berlatih lagi teknik menggambar wajah bayi di bawah ini saya tambahkan tutorial dengan langkah-langkah yang sama hanya dengan arah menghadap yang berbeda. Silahkan mencoba untuk mengasah kemampuan menggambar.
Langkah 1 Membuat proporsi

Langkah 2 membuat sketsa

Langkah 3 mengarsir kasar

Langkah 4 finishing

Nah demikian tutorial mengenai teknik menggambar wajah bayi dengan pensil. Saya harap bisa membantu bagi anda yang tertarik untuk menggambar dengan obyek tersebut. Silahkan juga kunjungi tutorial lain seperti menggambar anak balita atau tutorial lain yang ada di blog ini. Selamat mencoba J.

Komentar