TEKNIK MENGGAMBAR WAJAH MANUSIA



Ini adalah bagian ketiga untuk tutorial cara menggambar wajah yaitu teknik menggambar wajah manusia hingga selesai. Yang dimaksud hingga selesai disini berarti mengubah bentuk sketsa wajah menjadi gambar bentuk jadi yang sudah diarsir gelap terangnya. Untuk membuat sketsa dasar silahkan kunjungi kembali teknik menggambar sketsa wajah.


 Untuk mengubah bentuk sketsa menjadi gambar bentuk yang sudah jadi dengan pensil caranya adalah dengan mengarsir. Beberapa bagian perlu dibuat lebih gelap sedang bagian lainnya hanya tipis saja. Karena itu silahkan kunjungi juga cara mengarsirdengan pensil graphit untuk mengatahui lebih lanjut teknik arsiran dengan pensil.

Berikut adalah pembahasan tentang teknik menggambar wajah manusia dengan beberapa contoh gambar yang sudah saya buat. Bagi yang tertarik tutorial berikut, seperti biasanya, saya ucapkan selamat mencoba J.

Konstruksi Wajah Manusia


Hal yang pertama perlu diketahui dalam teknik menggambar wajah hingga selesai adalah konstruksi bentuk wajah manusia. Sebelumnya sudah dibahas mengenai proporsi dasar wajah manusia dalam teknik menggambar sketsa wajah. Setelah membuat sketsa dasar yang proporsional selebihnya tinggal mengarsir dengan mengikuti bentuk kontur wajah. berikut ini adalah gambaran konstruksi kontur wajah manusia.


Saya gambar masing-masing bagian dalam bentuk mendatar agar lebih mudah dipahami konstruksinya. Setelah mengetahui bentuk konstruksi wajah seperti diatas sekarang tinggal mengarsir gelap-terang masing-masing bagian. Perlu dipertimbangkan arah datang cahaya  sebelum mengarsir. Berikut ini adalah contoh konstruksi wajah setelah diarsir.


Pada contoh diatas arah datang cahaya berasal dari sisi kanan, depan atas.

Urutan Menggambar Wajah Manusia


Akan saya jelaskan urutan dalam teknik menggambar wajah manusia. Berikut adalah pembasannya

Langkah 1


Acuan Proporsi


Sketsa Wajah

Yang pertama dibuat adalah sketsa dasar yang proporsional. Gambar diatas bisa dijadikan acuan

Langkah 2

Yang kedua adalah membaut arsiran kasar agar bentuk gambar lebih jelas. Langkah ini juga sudah saya bahas juga pada cara mengarsirdengan pensil graphit pada bagian Urutan Mengarsir.

Langkah 3



Yang ketiga adalah finishing. Pertebal arsiran dengan pensil yang pekat pada bagian tergelap seperti bola mata, dan alis. Sedang bagian lainnya tinggal dihaluskan saja. Kalau perlu digelapkan lagi pertebal arsiran di bagian tersebut.
Coba juga contoh berikut ini untuk latihan




Latihan lebih lanjut



Dalam tutorial teknik menggambar wajah manusia ini saya sarankan juga untuk mencoba menggambar lagi agar kemampuan anda lebih terasah. Saya sarankan juga agar Anda menggunakan acuan agar sense atau rasa terhadap bentuk wajah juga semakin matang. Dengan demikian nanti Anda bisa saja menggambar wajah tanpa acuan tetapi hasilnya tetap bagus dan terlihat realistis. Berikut beberapa contoh lagi yang bisa Anda coba.



Saya harap tutorial teknik menggambar wajah manusia kali ini bisa berguna bagi Anda yang sedang belajar menggambar. Untuk itu silahkan juga kunjungi gambar wajah untuk melihat beberapa tutorial menggambar wajah yang sudah saya buat atau ikuti tutorial lain yang saya tawarkan dalam blog ini.  


Komentar

  1. mkasih bang, ngebantu bgt,,

    BalasHapus
  2. Ini untuk yang pemula gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ini buat siapa aja si, cuma kalo langsung ini doang mungkin kesulitan juga untuk membuat terutama yang pemula. makanya bisa juga kunjungin yang lain kayak dasar menggambar wajah sama cara mengarsir dengan pensil biar bisa lebih matang. :)

      Hapus
  3. Tutor dong bang,, caranya nyesuain jarak segitiga emasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry baru bales. segitiga emas apa ya malah gak paham??

      Hapus
    2. Mungkin maksudnya jarak antara kedua mata, hidung dan mulut?

      Hapus
    3. Oh klo posisi mata itu sekitar 1/3 dari Alis ke hidung. Bibir juga gitu. Sekitar 1/3 lebis sedikit dari hidung ke dagu

      Hapus

Posting Komentar