Cara melukis wajah artis Laudya cintya bella dengan Photoshop


Dan sekarang saya akan membahas tentang cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella dengan Photoshop. Yang jadi model sekali lagi adalah artis cantik. Meski tidak biasa nonton sinetron. Ini
adalah tutorial kedua untuk digital painting. Mengerjakan sebuah gambar dengan photoshop bisa dibilang cukup menantang juga. Berhubung sebelumnya saya lebih sering menggunakan pensil, pensil warna atau cat. Apalagi menggarapnya pakai mouse tidak pakai tablet. Alasannya simple, karena saya nggak punya. Duh apes. Dulu pernah coba pake tablet di rumah teman. Lumayan mudah juga terutama ketika menggarap yang detail-detail. Kalau pakai mouse menggarap yang detail dan kecil jadi agak susah. Apa boleh buat deh. Meski begitu yang penting masih bisa jadi karyanya. Karena itu kalau ada yang punya tablet saya sarankan pakai tablet saja menggambarnya.

Tutorial cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella ini juga untuk menambah koleksi karya gambar wajah yang berwarna. Sebelumnya pernah menggambar beberapa wajah, tetapi sebagian besar hitam putih dengan pensil graphit. Silahkan kunjungi menggambar wajah orang tua atau menggambar wajah wanita sebagai contoh. Itu adalah beberapa tutorial pose wajah yang menggunakan pensil graphit. Hasil akhirnya tentu saja tidak berwarna alias hitam putih. Yang berwarna baru dua yaitu gambar wajah John Lennon dan yang terakhir digital painting wajah Nabila syakib. Yang John Lennon itu menggunakan media pensil warna sedang yang Nabila Syakib adalah karya digital painting saya yang pertama. Untuk selanjutnya untuk pose wajah saya akan lebih banyak menggarap karya yang berwarna biar lebih menarik. Medianya bisa manual seperti pensil warna atau cat atau bisa juga digital. Dulu kurang sering menggambar wajah yang berwarna karena masih rada bingung juga memikirkan warna dasar untuk kulit. Untuk sekarang sudah agak banyak pengalaman memilih warna. karena itu saya usahakan selanjutnya banyak karya yang berwarna.

Referensi

Untuk cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella ini saya menggunakan sebuah foto sebagai acuan. Berikut fotonya.


Saya suka posenya yang sedang tersenyum manis. Siapa tahu bisa mengundang banyak orang untuk mampir wehehe. Hal lainnya yang juga unik adalah posenya yang sedang menggunakan hijab. Tema wanita berhijab saya pikir cocok untuk waktu ini yang sedang bulan Ramadhan. Hal lainnya yang saya suka dari foto ini adalah mimik dan pencahayaannya cukup jelas. Karena itu gambarnya jadi lebih mudah diolah.

Catatan

Untuk tutorial cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella ini saya menggunakan brush yang sama seperti ketika menggambar wajah Nabila Syakib. Brush yang saya pakai modenya adalah spatter. Karakternya berupa titik-titik. Untuk memilihnya tinggal klik kanan dan pilih spatter seperti pada gambar berikut.


Untuk mempermudah memilih warna bagian tertentu bisa langsung pick warna dari foto acuan atau bisa juga berkreasi sendiri. Lebih mudah kalau picking atau mengambil warna dari foto acuan. Kalau mau berkreasi warna sendiri usahakan hasilnya tetap terlihat wajar.
Untuk langkah menggarap wajah Laudya Chintya Bella tersebut silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Membuat Sketsa


langkah pertama dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah membuat sketsa. Saya ambil jalan pintas saja biar cepat menggarapnya. Untuk membuat sketsa tinggal menjiplak foto acuan pada layer diata foto tersebut. setelah itu hasil jiplakan saya pindah ke lembar kerja. Kalau ingin membuat sendiri sketsanya bisa saja. Silahkan buka lagi cara membuat sketsa wajah untuk petunjuk menggambar sketsa wajah tersebut.

Melukis Bagian utama wajah


Setelah sketsa selesai dibuat langkah selanjutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah melukis bagian utama wajah. Bagian utama wajah ini adalah bagian yang paling pertama memberi kesan ketika ada orang yang melihat sebuah pose wajah. bagian itu diantaranya mata, alis, bibir, lipatan pipi dan hidung. Untuk bagian ini saya gunakan warna hitam. Warna hitam ini untuk beberapa bagian adalah warna aslinya sedang untuk bagian lainnya untuk memberi bentuk. Untuk mata dan alis warna aslinya memang hitam. Karena itu arsirannya boleh tegas, bahkan sebaiknya sangat tegas. Sedang untuk lipatan pipi, bagian bawah hidung, dan garis bibir warna hitamnya hanya untuk memberi bentuk. Karena itu mengarsirnya jangan terlalu tegas alias tipis saja. Yang penting bentuknya muncul.

Untuk membuat bagian utama wajah ini buat layer baru diatas layer sketsa yang sebelumnya dibuat. Dalam video tutorial layernya bernama layer 3. Nama layer tidak penting ini Cuma petunjuk untuk video tutorial saja agar lebih mudah mengikuti.

Melukis warna dasar wajah

Tahap selanjutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah melukis warna dasar wajah. untuk melukis warna dasar wajah buat layer baru di bawah layer sebelumnya (layer 3). Di video namanya layer 4. Untuk warna dasar wajah ini saya gunakan warna coklat terang. Gunakan brush dengan opacity 100 % pada semua bagian wajah.


Warna dasar kulit

Setelah diblok lantas diatur pencahayaannya agar bentuknya muncul. Untuk bagian yang lebih terang gunakan waran coklat yang lebih terang dari warna dasar tadi. Tinggal pick color diatas warna coklat terang yang tadi dipilih. Setelah tahap ini maka bentuk wajah sudah mulai kelihatan.


Bentuk wajah setelah diolah

Melukis Bagian Wajah yang gelap


Langkah berikutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah melukis bagian wajah yang gelap. Untuk ini buat layer baru lagi di atas layer warna dasar kulit wajah yang tadi. Di video saya beri nama layer 5. Untuk layer ini gunakan warna coklat yang lebih gelap dari warna dasar kulit wajah tadi. Bagian-bagian yang perlu diolah adalah yang merupakan daerah bayangan. Cenderung membelakangi cahaya. Diantara bagian tersebut adalah bawah alis, kantong mata, lipatan pipi, bawah hidung, garis hidung dll. Untuk mengolah bentuk gunakan brush dengan opacity 20 %. Perlu diperhatikan ketika mengarsir pada tahap ini. Hasilnya jangan terlalu tegas. Kalau terlalu tegas nanti malah kelihatan terlalu gelap.

Melukis Bibir

Tahap selanjutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah melukis bibir. Buat layer baru lagi posisinya diatas layer warna dasar. Di video saya beri nama layernya dengan nama bibir agar lebih mudah mengikuti. Saya buat layer sendiri untuk bagian bibir juga karena warnanya khas yaitu merah merona. Untuk warna dasar bibir saya pilih warna merah agak kecoklatan sedikit. Saya pilih warna ini dengan mengambil dari foto acuan.


warna dasar bibir

Untuk menggambar bibir agar punya volume gunakan warna merah yang lebih terang untuk bagian yang menghadap cahaya. Sedang untuk bagian yang gelap saya gunakan warna coklat gelap sedikit. Sekarang bentuk wajah secara keseluruhan sudah terlihat.


wajah dengan bibir yang sudah diolah

Memberi Aksen Warna


Langkah selanjutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah memberi aksen warna. tadi bentuk wajah sudah terlihat jelas tetapi warnanya masih monoton dan mentah. Untuk mematangkan warnanya perlu diberi aksen tambahan. Buat layer baru lagi diatas layer sketsa. Untuk aksen ini saya memilih warna orange dan pink. Ganti mode layer baru tersebut dengan mode layer color. Buat aksen warna terutama untuk beberapa bagian yang menonjol seperti bagian pipi, dahi, hidung dll. Untuk aksen ini brush beropacity 10%. Kalau terlalu tinggi opacity bisa terlalu kuat warna aksennya.

Menghaluskan Arsiran Wajah


Langkah berikutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah menghaluskan arsiran. Buat layer baru lagi diatas layer aksen. Layer ini gunanya hanya untuk menghaluskan arsiran. Di video namanya layer 6. Caranya cukup pick warna dari satu bagian yang sedang digarap dengan Alt+klick. Lalu dengan warna tersebut arsir beberapa kali bagian tersebut sampai terlihat halusl. Untuk tahap ini gunakan brush beropacity 10%. Dengan opacity 10% bisa lebih halus tapi juga makan waktu lebih lama. Jangan lupa untuk menggarap beberapa bagian detail wajah seperti lipatan mata dan hidung. Jika kesulitan menggarap bagian detail tersebut bisa di zoom biar tampak jelas.


Wajah di zoom biar lebih mudah menggarap detailnya

Nah sekarang wajah sudah cukup jelas kelihatan.

Menggarap Hijab dan Baju

Setelah wajah selesai digarap langkah berikutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah menggarap bagian hijab dan baju. Buat layer baru di bawah layer hitam (layer untuk bagian utama wajah). posisi di situ agar nantinya bisa dihaluskan dengan mengolahnya pada layer yang untuk menghaluskan arsiran (layer 6). Untuk warna dasar hijab pilih ungu cerah. Bisa mengambil warnanya dari foto acuan. Blok semua bagian hijab dengan brush beropacity 100%.


Warna dasar hijab ungu cerah

Pilih warna ungu yang lebih cerah untuk bagian yang lebih terang. Sedang untuk bagian yang gelap seperti lipatan kain gunakan warna hitam. Perhatikan mengarsir warna hitamnya agar tak terlalu kuat kecuali pada bagian yang sangat gelap seperti di bawah dagu.


Hijab yang sudah ada bentuknya

Setelah itu haluskan arsiran dengan mengolahnya di layer 6. Bagian bayangan seperti dahi yang terkena hijab bisa dipertegas gelapnya.


Hijab setelah dihaluskan

Untuk baju buat layer di bawah hijab. pilih warna biru untuk warna dasar.


Warna dasar baju

Untuk membangun bentuk gunakan warna hitam untuk mengolah bagian yang gelap dan putih untuk bagian yang terang.


Baju diberi bentuk

Tambahkan motif baju titik2 putih.


baju diberi motif titik-titik putih

Menggarap Background


Langkah berikutnya dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah menggarap background. Buat layer baru di bawah semua layer diatas. Background dibuat sederhana saja dengan bentuk ikut acuan foto. Detailnya tak usah terlalu serius dibuat yang penting bentuknya terlihat

Finishing


Langkah terakhir dalam cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella adalah finishing. Luangkan waktu untuk langkah ini karena boleh jadi agak lama. Yang diperlukan terutama pada tahap ini adalah kecermatan dan ketelitian. Perhatikan baik-baik kalau ada bagian yang tidak cocok dengan acuan foto. Olah gambar kalau ada yang terasa terlalu gelap atau terlalu terang.
Nah bagaimana tutorial cara melukis wajah artis Laudya Chintya Bella ini. Saya harap bisa cukup menolong bagi siapapun yang sedang mencoba digital painting. Terutama yang obyeknya adalah gambar wajah. sebelumnya saya juga sudah membuat cara menggambar Nabilla Syakib untuk digital painting. Silahkan mampir ke link tersebut atau postingan lainnya yang ada di blog ini untuk belajar teknik menggambar. Untuk lihat video tutorialnya silahkan klik link di bawah ini. Monggo monggo






Komentar