CARA MENGGAMBAR WAJAH ARTIS NABILA SYAKIB DENGAN PHOTOSHOP


Sekarang saya akan membahas mengenai cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop. Ya ini adalah tutorial digital painting saya yang pertama. Sebelumnya saya selalu
menggunakan media gambar manual seperti pensil dan pensil warna. Saya juga sudah membuat tutorial teknik menggambar wajah yang menggunakan pensil sebagai media utama. Sepertinya mulai asyik juga untuk merambah media gambar digital hehehe. Karena itu tutorial ini juga saya harap bisa cukup menolong bagi siapapun yang sedang belajar menggunakan photoshop atau aplikasi sejenis untuk melukis digital. Terutama yang sedang mencoba tema menggambar wajah. Untuk referensi silahkan juga kunjungi berbagai tutorial menggambar wajah lainnya.

Mungkin asyik juga manghadirkan cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop. Berhubung dia kini adalah salah satu artis yang cukup terkenal di dunia sinetron Indonesia. Jujur saja saya tidak terlalu sering nonton sinetron. Tapi untuk menggambar pose masing-masing wajahnya malah lebih menikmati. Itulah sebabnya sekarang yang jadi model untuk digital painting adalah pemain sinetron terkenal yaitu Nabila Syakib. Tutorial dengan Wajah artis cantik yang dulu pernah saya buat diantaranya adalah menggambar wajah nikita willy.
Saya harap tutorial cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop ini bisa cukup membantu. Lebih dari itu juga bisa merangsang untuk berkarya seni rupa.

Referensi

Sebagai referensi untuk tutorial cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop ini saya browsing internet dan menemukan yang saya anggap paling siip. Berikut ini fotonya.


Saya suka foto ini karena mimik, bentuk wajah dan pencahayaannya cukup jelas. Selain itu  ekspresinya yang sedang senyum cukup menarik juga. Siapa tahu kalau pasang thumbnail di Youtube atau medsos lainnya dengan ekspresis senyum begitu jadi bisa mengundang orang untuk mampir hehehe.

Catatan

Dalam tutorial cara cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama saya bahas adalah brush yang mau dipakai untuk menggambar digital. Dalam digital painting atau digital drawing brush adalah alat utama. Brush yang saya pakai adalah yang seperti berikut ini.


Brush Type Spatter

Saya pilih brush ini karena cukup bagus untuk membangun karakter halus. Setelah memilih brush tool klick kanan saja untuk memilih brush type tersebut. namanya spatter.
Saya sarankan jangan menggunakan brush yang berupa Airbrush soft seperti berikut ini.


brush type Airbrush

Karakter goresan brush tersebut terlalu transparan dan terlalu halus. Brush ini mungkin cukup bagus kalau untuk membuat warna aksen. Sedangkan untuk membangun bentuk sebaiknya digunakan jangan terlalu sering, karena karakternya malah jadi kurang tegas dan hidup.
Untuk mengarsir saya menentukan opacitynya rata-rata 20%. Kadang diturunkan jadi 10% untuk membuat arsiran lebih halus tapi resikonya proses mengarsirnya jadi lebih lama.
Hal lainnya dalam proses cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop ini adalah membuat beberapa layer untuk masing-masing bagian. Saya lebih suka membuat beberapa layer. Dengan beberapa layer ketika mengerjakan satu bagian bagian lainnya di layer yang berbeda jadi tidak terpengaruh. dengan demikian lebih leluasa untuk memainkan brush ketika mengarsir. Saya sendiri tidak mewajibkan menggambar dengan beberapa layer seperti itu. Silahkan saja kalau mau menggambar keseluruhannya hanya pada satu layer.
Untuk berikutnya silahkan ikuti urutan langkah-langkah berikut. Selamat mencoba.

Menggambar Sketsa


Langkah awal dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop adalah menggambar sketsa. Untuk langkah ini bisa anda buat secara manual dengan pensil lalu discan ke computer untuk dimasukkan ke lembar kerja Photoshop. Silahkan kunjungi juga teknikmenggambar sketsa wajah untuk membuat sketsa secara manual. Atau bisa juga langsung dengan dibuat sketsanya di photoshop dengan mencontoh langsung foto acuan yang ada. Sekedar saran agar lebih cepat dan akurat anda buat saja layer baru diatas foto acuan tadi. Setelah itu gunakan brush untuk menjiplak bentuk wajah untuk membuat sketsa. Lalu sketsa tersebut dipindah ke lembar kerja menggambar wajah.

Menggambar Bagian Utama Wajah yang tergelap


Langkah kedua dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop ini adalah menggambar bagian utama wajah yang biasanya adalah yang tergelap. Yang saya maksud tergelap bukan Cuma karena tidak kena cahaya tetapi juga karena warna dasarnya juga hitam. Buat layer baru di bawah layer sketsa yang sudah ada. Di video tutorial yang saya buat  layer baru ini namanya layer 1. Pilih warna hitam agak kecoklatan sedikit. Jangan langsung menggunakan hitam asli karena malah terlalu kontras.

Warna hitam yang saya pilih

Gunakan brush untuk mengolah beberapa bagian seperti bola mata, alis, lubang hidung, bagian bawah hidung, garis pipi dan garis bibir. Sebagai catatan untuk garis pipi sebaiknya tidak usah terlalu pekat. Yang dibuat pekat adalah bola mata dan alis karena warna dasar keduanya memang hitam.

Mengolah Daerah Bayangan


langkah berikutnya dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop adalah mengolah daerah bayangan. Daerah bayangan tersebut adalah bagian kulit yang berwarna gelap karena membelakangi cahaya. Meski begitu tidak segelap warna hitam seperti pada langkah sebelumnya. Langkah ini juga pada dasarnya adalah untuk membangun bentuk dasar wajah. buat layer baru di bawah Layer 1. Pada video tutorial namanya Layer 2. Pilih warna coklat medium agak kemerahan.


Warna coklat yang saya pilih

Olah beberapa bagian wajah diantaranya bagian bawah alis, samping hidung, bawah hidung, kantung mata, bibir, lipatan pipi, dan pipi bagian samping. Untuk pipi bagian samping mengarsirnya jangan terlalu tegas. Terlihat transparan saja. Setelah langkah ini maka bentuk wajah akan lebih jelas.

Mengolah Warna Dasar Kulit


Langkah selanjutnya dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop adalah mengolah warna dasar kulit. Biasanya warna dasar saya garap paling pertama tetapi untuk kali ini urutannya saya balik setelah mengolah bagian yang lebih gelap. Alasannya karena saya ingin membuat bentuk wajahnya dulu daripada mengarsir warna dasar. Untuk langkah ini buat layer baru lagi di bawah Layer 2. Di video tutorial namanya Layer 3. Gunakan warna coklat terang untuk warna dasar.
Warna dasar coklat

 Saya langsung memblok warna tersebut dengan opacity 100%. Setelah itu pilih warna coklat terang yang lebih terang lagi untuk mengolah bagian-bagian wajah yang langsung menghadap cahaya.


Warna Coklat Terang

Sekarang bentuk wajah keseluruhan sudah jadi dan tinggal mematangkan warnanya.

Mematangkan Warna Kulit


Langkah berikutnya dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop adalah mematangkan warna kulit. Caranya adalah dengan memberi beberapa aksen warna lain. Ini adalah hal yang saya suka dari Photoshop.

Selain bisa membuat layer-layer untuk masing-masing bagian juga layer tersebut bisa diubah modenya untuk keperluan tertentu. Buat layer baru diatas layer sketsa. Di video saya beri nama layer aksen. Ubah modenya menjadi mode Color.


Layer bermode Color

Caranya cukup mudah. Tinggal memilih mode layer (tempatnya di samping kiri opacity) lalu tinggal klik mode color. Saya pilih warna orange dan pink untuk memberi aksen segar pada kulit wajah.  

Menghaluskan Arsiran Gambar


Langkah selanjutnya dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop adalah menghaluskan arsiran. Bentuk wajah sebenarnya sudah cukup jelas dan warnanya juga matang. Meski begitu arsirannya masih tampak kasar. Untuk itu perlu dihaluskan. Untuk menghaluskan saya lebih suka membuat layer baru daripada mengolah langsung di layer-layer yang sudah ada. Layer baru ini di video namanya Layer 4 berada di atas layer aksen. Cara menghaluskannya cukup mudah. Caranya dengan mengambil warna dari bagian tertentu dengan menekan Alt+klik di warna yang mau diambil. Setelah itu tinggal mengarsir beberapa kali di tempat tersebut hingga tampak halus. Gunakan brush dengan opacity 10 dan 20 %. Dengan opacity 10% bisa lebih halus tapi makan waktu lama. Langkah ini bisa dibilang salah satu bagian yang makan waktu paling lama.  

Menggarap Bagian Rambut


Setelah wajah selesai diolah bagian selanjutnya dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop adalah mengolah bagian rambut. Buat layer lagi untuk rambut diatas layer-layer untuk bagian wajah. warna rambut yang digunakan sama dengan warna untuk bola mata dan alis. Langkah pertama mengerjakannya adalah memblok bagian rambut dengan arsir hitam opacity 100%.


Rambut diblok hitam

Setelah itu tinggal mengatur pencahayaannya. Untuk bagian yang lebih terang pilih warna abu-abu gelap agak kecoklatan. Tinggal warna hitam di foreground color di klick lantas pilih warna diatas warna hitam yang tadi digunakan. Gunakan brush dengan opacity 20% untuk menggarap bagian rambut tersebut.


Warna rambut agak lebih terang

Setelah itu bagian yang lebih terang tadi ditumpuk lagi dengan warna yang paling terang dari rambut. Pilih abu-abu terang untuk bagian rambut yang menghadap cahaya langsung. Cara arsirnya sama yaitu dengan brush beropacity 20%.


Warna rambut paling terang

Bentuk rambut sudah tampak tapi mungkin masih kelihatan kasar. Untuk membentuk rambut agar tampak lebih realistis gunakan smudge tool dengan opacity 80%. Smudge tool ini untuk mengolah ujung-ujung arsiran sebelumnya dan ujung-ujung rambut agar lancip. Tambahkan juga beberapa helai rambut yang menutupi bagian wajah, terutama dahi. Setelah digambar dilah lagi ujungnya dengan smudge tool seperti tadi. Jangan lupa untuk mengolah bagian kulit yang tertimpa bayangan rambut, seperti di bagian dahi, pipi dan leher agar digelapkan lagi tapi jangan terlalu pekat. Sedikit saja agar ada kesan bayangan rambutnya.

Menggarap Baju

Setelah bagian wajah dan rambut selesai langkah berikutnya dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop adalah menggarap baju. Dari foto acuan sang artis sedang mengenakan kaos berwarna pink. Untuk baju ini buat lagi layer baru posisinya di bagian bawah. Tepatnya diatas layer untuk warna dasar kulit (Layer 3). Bagian ini bisa dibilang bagian termudah untuk digarap. Untuk warna dasar adalah pink terang. Gunakan brush dengan opacity 100% untuk memblok bagian kaos.

Warna dasar kaos

Setelah itu olah bentuk kaos dengan warna pink agak kecoklatan. Arsirannya dengan brush beropacity 10 atau 20%. Gunakan warna ini untuk mengolah bagian yang gelap seperti bagian kerah atau bagian-bagian yang tertutup rambut. Jangan lupa gambar juga beberapa helai rambut yang menutupi bagian kaos agar tampak realistis.


Kaos setelah diolah

Finishing


Langkah terakhir dalam cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop ini adalah finishing. Semua bagian sebenarnya sudah selesai dibuat dan tinggal membandingkannya dengan gambar acuan. Bila ada bagian yang terlihat terlalu gelap atau terlalu terang maka diperbaiki dengan mengurangi intensitasnya. Sebaliknya jika perlu dipertegas maka pertegas bagian tersebut agar bentuk dan warnanya lebih mantap. Agar lebih mudah membandingkan antara foto dengan gambar yang dikerjakan Anda bisa agak mundur duduknya. Dengan melihat dari agak jauh maka bisa lebih jelas perbandingannya. Jika ada yang kesannya kurang mirip maka diperbaiki.

Nah demikian cara menggambar wajah artis Nabila Syakib dengan Photoshop ini saya harap bisa cukup membantu dan mudah untuk diikuti. Menggambar dengan media digital boleh jadi ada kesannya sendiri. Sensasi mungkin terasa beda ketika menggores pensil di atas kertas dan ketika mengklik mouse. Meski begitu yang penting hasilnya bisa memuaskan. Untuk  tutorial dengan photoshop ini saya juga membuat video lainnya yaitu Cara menggambar wajah laudya cintyabella. Silahkan kunjungi link tersebut untuk melihat tutorialnya. 
Untuk melihat proses menggambar wajah Nabila Syakib silahkan klik video di bawah ini. Terima kasih sudah mampir.


Komentar