Melukis Wajah Anak Yang Sedang Tertawa Dengan Photoshop



Sekarang saya akan memperlihatkan tutorial cara melukis wajah anak kecil yang sedang tertawa dengan hasil yang realistis. Tutorial ini adalah tutorial saya yang kelima tentang melukis wajah
dengan media digital painting. Yang digunakan adalah Adobe Photoshop. Cukup nyaman juga menggunakan aplikasi tersebut untuk melukis wajah orang.
Untuk kali ini saya melukis wajah anak kecil yang sedang tertawa. Sebelumnya saya juga pernah menggambar wajahanak dengan Photoshop. Silahkan kunjungi lagi halaman tersebut. Wajah anak kecil yang imut tentu menarik untuk jadi obyek melukis dengan digital painting. Apalagi kalau ekspresinya ceria karena sedang tertawa. Semoga saja bisa mengundang banyak orang untuk mampir ke blok ini hahaha.

Untuk lebih jelas tentang tutorial melukis wajah anak yang sedang tertawa dengan Photoshop ini silahkan ikuti ulasan lengkapnya berikut. Selamat mencoba.

Referensi Untuk Melukis Wajah

Untuk tutorial melukis wajah kali ini saya menggunakan foto berikut sebagai referensi


foto acuan


Sebagai tambahan ini adalah foto keponakan saya juga. Tak apalah biar senang wajahnya digambar sama “Pak Lik”. Saya suka foto ini sebagai referensi untuk melukis wajah. Ekspresinya yang imut dan ceria karena sedang tertawa lebar membuat tertarik untuk melukisnya. Bisa dibilang dari semua tutorial yang membahas tentang cara melukis wajah baru sekarang yang posenya tertawa lebar. Dengan begitu ada nilai tambah juga dibanding pose wajah biasanya yang cenderung diam.
Meski menarik untuk dijadikan referensi melukis wajah ada juga yang kurang dari foto ini. Kekurangannya adalah gambarnya agak kabur. Warnanya juga kurang jelas. Sebenarnya ada foto lain dari keponakan saya itu yang lebih jelas tetapi sudah terlanjur kepincut dengan ekspresi tertawa yang ada di foto ini.
Daripada jadi kekurangan saya justru menganggap kalau foto diatas adalah tantangan. Tantangan utama dari melukis wajah diatas adalah bagaimana mengolah warnanya agar tetap tampak nyata. Kalau hanya mengacu pada tone warna sesuai foto diatas malah terlihat kabur dan kurang hidup. Untuk itulah perlu pengolahan lebih lanjut.

Catatan

Untuk melukis wajah kali ini saya masih menggunakan mouse. seperti saya pernah jelaskan kalau menggunakan mouse bisa makan waktu lama. Jauh lebih cepat kalau menggunakan pen tablet. Meski begitu tidak usah gusar untuk melukis wajah menggunakan mouse. Yang penting sabar dan cermat menggarapnya maka hasil akhir lukisan wajah tetap bagus.
Untuk tutorial melukis wajah kali ini saya masih menggunakan layer yang banyak untuk mempermudah proses. Alasannya sama yaitu lebih mudah menggarap satu bagian tanpa harus mempengaruhi bagian lain.


layer-layer yang digunakan untuk melukis wajah anak-anak kali ini


Brush yang digunakan untuk tutorial melukis wajah kali ini juga tidak selalu terpaku hanya pada brush spatter saja. Kalau sebelumnya sebagian besar menggunakan brush tersebut. Untuk melukis wajah dengan Photoshop kali ini berganti-ganti antara brush mode spatter dan brush soft round.


brush mode spatter


brush mode soft round



Banyak yang bilang sebaiknya mode soft round tidak usah digunakan untuk digital painting di Photoshop. Saya pribadi  sekarang tidak mengharamkan mode soft round tersebut untuk melukis. Bahkan dari pengalaman banyak bagian yang dilukis dengan brush tersebut lebih cepat jadi. Meski begitu tetap diperhatikan agar jangan semuanya menggunakan soft round. Hasilnya bisa jadi terlalu halus dan karakter kulitnya kurang muncul. Kulit malah terkesan licin kalau selalu menggunakan soft round tanpa dikolaborasi dengan brush mode lainnya. Gunakan saja secukupnya untuk melukis bentuk wajah. setelah itu bisa gunakan spatter atau brush mode lain agar karakter goresannya muncul.

Opacitynya juga bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Saya biasanya menggunakan opacity antara 10%-30% ketika mengarsir. Agar lebih halus opacity diperkecil ketika mengarsir tapi resikonya menjadi lebih lama menggarap.
Untuk urutan melukis wajah anak dengan Photoshop simak uraiannya berikut.

Menggambar Sketsa Wajah

Langkah pertama dalam melukis wajah anak dengan Photoshop adalah membuat sketsa. Untuk kali ini sketsa wajahnya berbeda dari tutorial digital painting sebelumya. Caranya yaitu dengan digarap manual menggunakan pensil. Setelah jadi sketsanya baru di scan dan diolah untuk melukis wajah di Photoshop. Cara ini saya pakai karena pengalaman sebelumnya ketika melukis wajah Stefan William. Saya menyebutnya “bencana sketsa wajah”. Bukan karena hasilnya tidak mirip tetapi karena betul-betul memakan waktu lama. Untuk menggambar sketsa wajah di Photoshop dengan mouse sampai memakan waktu hampir dua jam. Karena itu saya lebih memilih menggambar sketsa wajahnya manual. Cuma butuh waktu 10 menit paling lama. Setelah puas dengan hasilnya baru dimasukkan ke komputer dengan scanner.


sketsa wajah setelah di scan


Sebagai catatan untuk menggambar sketsa wajah tidak perlu akurat benar. Tidak perlu 100% persis dengan fotonya. Karena manual tentu saja ada yang sedikit meleset. Tak masalah karena hal seperti itu manusiawi. Yang penting karakter wajahnya masuk dan ketika orang melihat gambar sketsanya mereka bisa tahu itu siapa. Usahakan juga agar proporsinya pas dan mendekati contoh aslinya. Saya pernah mengulas tentang cara menggambarsketsa wajah. silahkan kunjungi halaman tersebut.
Setelah di scan sebaiknya cocokkan dulu sketsa dengan foto acuan.


perbandingan sketsa wajah dan acuan


Kalau ada bagian yang bentuknya agak meleset bisa diperbaiki dulu. sekali lagi tidak perlu 100% persis yang penting karakter wajahnya masuk.  
Buat layer baru untuk gambar sketsa  wajah diatas. Setelah itu modenya diubah menjadi multiply.


layer sketsa dengan mode multiply


Dengan mode tersebut maka bagian yang berwarna putih atau lebih terang dari layer tersebut jadi transparan. Hanya yang berwarna gelap seperti garis sketsa yang masih tampak. Dengan demikian kalau dibuat layer dibawahnya maka yang menutup cuma yang garis sketsa saja. Sedang warna putih kertas tidak terllihat.  

Melukis Bentuk Wajah

Langkah berikutnya dalam melukis wajah anak dengan Photoshop adalah melukis bentuk wajah. Untuk tahap ini buat layer baru di bawah layer sketsa. Di video tutorial saya menamainya layer gelap.


layer gelap

Langkah ini berarti melukis bentuk dasar wajah menggunakan warna hitam.


warna hitam yang digunakan


Seperti kalau sedang melukis Obyek hitam putih/tak berwarna. Cara ini agak berbeda dengan tutorial melukis wajah dengan Photoshop sebelumnya. Bagian utama wajah digarap dengan warna hitam di tahap ini.


gambar bentuk wajah


Pada tutorial sebelumnya melukis bagian utama wajah seperti bawah hidung, daerah sekitar mata, bawah bibir dll dengan warna gelap kulit seperti coklat gelap misalnya. Sedang warna hitam digunakan sedikit terutama pada bagian yang paling gelap.   


contoh melukis bentuk utama wajah dengan warna coklat gelap pada tutorial melukis wajah Nabila Syakib

Tahap melukis digital ini mengolah semua bagian wajah termasuk bibir, bagian dalam mulut, gigi dan lidah. Sedang pada tutorial sebelumnya bagian tertentu seperti bibir digambar dan diolah di layer tersendiri.
Untuk bagian-bagian tertentu yang gelap perlu dipertegas mengarsirnya. Bagian yang warna aslinya hitam juga dipertegas mengarsirnya agar kuat karakternya.
Proses melukis wajah tidak hanya untuk melukis bentuk wajah saja. Bagian lain seperti baju dan tangan juga dilukis dengan warna hitam. Perhatikan benar-benar ketika mengarsir. Jangan sampai terlalu gelap karena keasykan mengarsir. Perhatikan juga opacitynya agar warna hitamnya tidak terlalu kuat.  
Untuk pewarnaan nanti akan diolah lebih lanjut pada layer baru, seperti layer warna gelap dan aksen.

Melukis Warna Kulit Wajah

Langkah berikutnya dalam melukis wajah anak dengan Photoshop adalah melukis warna kulit wajah. Pada dasarnya bagian ini adalah untuk memberi warna pada wajah yang diolah sebelumnya. Bentuk wajah sudah digarap pada tahap sebelumnya yaitu melukis bentuk wajah. Cara ini lebih praktis karena bentuk wajah dilukis dengan satu warna sampai jadi yaitu warna hitam. Hasilnya bentuk wajah yang hitam putih. Sedang warna kulit diberikan setelahnya pada tahap ini. Nanti warnanya akan disempurnakan dengan memberi aksen pada langkah selanjutnya. Sebagai catatan pada tutorial melukis wajah sebelumnya bentuk wajah digambar pada tahap ini dengan menggunakan coklat gelap. Karena bentuk wajah sudah cukup jelas dilukis pada tahap sebelumnya maka tahap ini tinggal memberi warna.
Buat layer baru untuk tahap ini. Pada video tutorial saya menamai layernya warna gelap.


layer warna gelap


Gunakan warna coklat medium untuk melukis bagian wajah.


warna coklat medium yang saya pilih


Setelah jadi maka akan tampak seperti berikut ini


wajah setelah diberi warna


Setelah diberi warna ada bagian wajah yang terlihat bentuknya kurang muncul. Untuk menggarap bagian tersebut kembali ke layer diatasnya. Gunakan warna hitam untuk mengolah dan mempertegas bentuk seperti yang dibahas pada langkah sebelumnya. Jika agak kesulitan pada bagian detail bisa di zoom.


wajah setelah bentuknya disempurnakan


Melukis Warna Dasar

Langkah berikutnya dalam melukis wajah anak dengan Phothoshop adalah melukis warna dasar. Sebenarnya tahap ini tidak terlalu sulit karena bentuknya wajah sudah jelas. Langkah ini dilakukan hanya agar bentuk wajah yang sudah dilukis sebelumnya tidak tampak transparan. Pada video tutorial saya membuat layer baru dengan nama warna dasar.


layer warna dasar


Gunakan warna coklat terang, lebih tepat disebut warna krem, untuk memblok bagian wajah dengan opacity 100%.


warna coklat terang/krem


Setelah diberi warna dasar maka bentuk wajah lebih nampak.


wajah dengan warna dasar


Melukis Warna Aksen

Langkah berikutnya dalam melukis wajah anak dengan Photoshop adalah memberi warna aksen. Untuk hal ini saya buat layer baru. Di video tutorial namanya layer aksen. Layer tersebut diubah modenya menjadi color.


layer aksen dengan mode color



Pada tutorial melukis wajah kali ini saya menggunakan warna pink cerah dan orange sebagai warna aksen.


warna pink cerah


warna orange



Langkan ini gunanuya untuk mematangkan warna. meski bentuk wajah sudah cukup jelas tetapi warnanya masih mentah. Karena itu perlu diberi aksen warna tambahan.
Yang perlu diperhatikan ketika melukis warna aksen adalah intensitas warnanya. Kalau bagian ada yang gelap maka aksennya diperkuat. Begitu juga sebaliknya untuk bagian yang terang. Ini perlu agar warna hitam/gelapnya tidak terlalu tetap dominan. Jika terlalu dominan malah tampak kotor wajahnya.


wajah setelah diberi aksen


Mengolah Arsiran Gambar Agar Lebih Halus

Langkah berikutnya dalam melukis wajah anak dengan Photoshop adalah mengolah arsiran gambar agar lebih halus. Untuk langkah ini saya buat layer baru diatas semua layer sebelumnya. Di video tutorial namanya layer penghalusan.


layer penghalusan


Bagian melukis wajah ini perlu menggunakan banyak soft round brush. Alasannya adalah lebih cepat dan lebih praktis. Tetapi jangan semuanya diolah dengan brush tersebut. Kalau terlalu sering karakter kulit tidak muncul. Kesan kulitnya malah seperti permukaan licin. Kombinasikan dengan spatter brush atau hard round brush.
Perlu kesabaran untuk meggarap bagian ini karena memakan waktu dan perlu ketelitian. Jika perlu di zoom gambarnya untuk bagian-bagian yang detail.  Foto acuan bisa didekatkan agar lebih mudah mencontoh gambarnya.


foto acuan didekatkan


Untuk bagian bibir dan mulut perlu diperhatikan benar bentuk detailnya. Zoom pada bagian tersebut agar lebih mudah menggarap.


mulut dan bibir di zoom


Setelah dihaluskan agak terlihat kalau warna hitamnya masih agak dominan.


wajah setelah dihaluskan


Gambar wajah yang dihasilkan masih tampak agak kotor. Untuk menanggulangi masalah tersebut perkuat lagi aksen warnanya. Berikut cara untuk memperkuat aksen warna.
Saya buat lagi layer aksen diatas layer penghalusan dengan mode color.


layer aksen diatas penghalusan


Perkuat aksen warna pada bagian-bagian yang terlalu gelap atau terlihat kotor. Setelah tampak bagus layer color tersebut dengan layer penghalusan saya gabungkan. Caranya adalah dengan memilih kedua layer tersebut. Cara memilihnya dengan klik kedua layer satu persatu sambil menekan Ctrl.


kedua layer dipilih


Setelah itu klik kanan dan pilih perintah Merge Layers.


perintah merge layers


Jika masih terlihat kurang matang atau agak kotor bisa ulangi langkah ini beberapa kali.


wajah setelah diolah lagi aksen warnanya


Pada tahap melukis wajah ini bagian wajah sudah selesai dibuat. Selanjutnya tinggal mengolah bagian lain.

Melukis Bagian Rambut

Langkah selanjutnya dalam melukis wajah anak dengan Photoshop adalah melukis rambut. Buat layer baru untuk langkah ini. Pada video tutorial layer berada diatas layer penghalusan.


layer rambut


Seperti pada tutorial sebelumnya untuk rambut dibuat beberapa layer. Untuk yang tergelap gunakan warna hitam seperti yang dipakai untuk melukis bentuk wajah. 
Ada kesulitan lebih pada gambar sekarang. Rambut yang digambar tergerai ke segala arah selain itu lebih panjang. Agak sulit mengolah rambut seperti itu terutama bila hanya menggunakan mouse saja. Untuk melukis rambut caranya masih sama seperti tutorial sebelumnya. Gunakan mouse untuk melukis rambut. Gambar juga untuk helai rambut yang tergerai keluar.


gambar rambut

Setelah itu ujung-ujungnya dilancipkan dengan smudge tool. Smudge tool juga digunakan untuk mengolah bentuk rambut yang terurai.


rambut setelah diolah dengan smudge tool


Setelah melukis bagian rambut terlihat ada bagian kulit wajah yang pelu diolah lagi. Jika dibandingkan dengan gambar acuan bagian dahi dan pipi terlihat kurang gelap. Untuk menggelapkannya saya olah pada layer penghalusan. Jangan lupa untuk memberi warna aksen agar warna gelap kulit tersebut tidak tampak kotor. Caranya sudah disebutkan sebelumnya.


perbandingan sebelum dan setelah bagian dahi dan pipi dipergelap


Untuk bagian yang lebih terang buat layer lagi diatas rambut dasar.


layer rambut 2


Warna yang digunakan untuk melukis bagian ini adalah abu-abu kecoklatan.


warna medium untuk rambut 


Perhatikan benar-benar gambar acuan untuk melukis bagian mana yang perlu dibuat lebih terang.


rambut setelah diberi warna medium


Tambah layer lagi diatasnya untuk bagian rambut yang menghadap cahaya. Ingat kalau rambut adalah bagian tubuh yang bisa memantulkan cahaya. Layer ini untuk bagian tersebut. Di video tutorial saya beri nama layer rambut 3
Gunakan warna terang mendekati putih untuk membuat pantulan cahaya di rambut. Tidak usah terlalu tegas arsirannya. Setelah itu olah bentuknya dengan smudge tool.


rambut yang sudah jadi

Melukis Baju

Langkah selanjutnya dalam melukis wajah anak dengan Photoshop adalah melukis baju. Untuk melukis baju saya tidak tambah layer baru. Warna dasarnya adalah krem diblok di layer warna dasar.


warna krem untuk baju


blok warna dasar baju



Warnanya beda dengan contoh tapi tak masalah. Yang penting bentuknya jelas dan karakternya muncul. Gambar di baju pada foto acuan juga tidak saya gambar.
Tentu bagian baju memiliki bentuk. Untuk melukis bagian baju yang lebih terang gunakan warna krem yang lebih terang.


warna krem yang lebih terang


Untuk bagian yang gelap sebenarnya sudah diolah pada layer warna gelap. Jika perlu diolah lagi maka buka layer tersebut dan olah lagi dengan warna hitam beropacity rendah.


bentuk dasar baju


Agar lebih matang bentuknya olah lagi di layer penghalusan. Setelah itu beri aksen lagi agar warnanya lebih matang dan tidak kotor.


baju setelah diberi aksen dan dihaluskan arsirannya


Jangan lupa untuk menggarap detail baju seperti bagian border leher.


detail border leher


Finishing
Tahap akhir dari melukis wajah anak dengan Phothoshop ini adalah finishing. Tidak banyak yang perlu dijelaskan disini. Yang penting adalah meneliti lagi keseluruhan bagian lukisan. Jika ada yang tampak kurang maka perlu diperbaiki. Untuk memperbaiki bentuk saya olah di layer penghalusan. Sedang untuk memperbaiki warna saya membuat layer bermode color diatas layer penghalusan. Setelah itu layernya di gabung atau merge dengan layer penghalusan.
Untuk background saya buat sederhana saja. Saya beri kesan-kesan goresan agar seperti sebuah lukisan.


hasil akhir





Demikian tutorial cara melukis wajah anak dengan Photoshop. Saya harap cukup jelas dan mudah untuk diikuti. Jika ingin mencoba tutorial lain silahkan kunjungi juga menggambar anak kecil menggunakan pensil atau tutorial lain di blog ini. Untuk video tutorial silahkan klik link di bawah ini.


Komentar