DASAR MENGGAMBAR BIBIR 2 (EKSPRESI)


Ketemu lagi dengan saya. Ini lanjutan dari yang sebelumnya untuk dasar menggambar bibir. Kali ini saya akan membahas cara menggambar ekspresi bibir.
Bagi yang tertarik untuk pembahasasn sebelumnya kunjungi juga dasarmenggambar bibir.
Pada dasarnya ekspresi bibir itu tidak terbatas jumlahnya karena siapapun orangnya pasti bisa membuat ekspresi seperti apapun. Meski begitu biasanya ekspresi wajah yang umum adalah ketika senang, sedih, marah dan tertawa.

Cara menggambar bibir ini tidak lah terlalu berbeda dari yang sebelumnya. Secara umum urutan menggambarnya sama yaitu membuat garis patokan proporsi, membuat bentuk dasar bibir dan yang terakhir menyempurnakannya atau finishing. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tutorial cara menggambar bibir berikut ini, selamat mengikuti dan semoga bermanfaat.

EKSPRESI TERTAWA

Untuk yang pertama dalam cara menggambar bibir ini adalah menggambar ekspresi tertawa. Mengapa tertawa? Tentu menyenangkan untuk menyambut teman-teman semua yang ingin belajar cara menggambar bibir ini dengan tawa senang hahaha. Untuk yang pertama dilakukan adalah membuat garis patokan persepsi bibir.

Setelah itu buat garis dasarnya.


Ini tips penting juga dalam membuat sketsa apapun. Ketika menggambar sebaiknya mulailah mengambar dengan menarik garis lurus, termasuk untuk bentuk melengkung. Seperti diatas bentuk asli bibir yang aslinya melengkung dibuat bentuk dasarnya dengan garis lurus. Cara ini akan mempersingkat waktu dan memudahkan Anda untuk membangun bentuk bentuk obyek secara keseluruhan.
Setelah garis dasar terbentuk langkah berikutnya dalam cara menggambar bibir adlaah menyempurnakan bentuk bibir dan bagian lainnya. Tambahkan juga detail-detail yang menunjang gambar bibir.

Mari kita coba menggambar ekspresi ketawa dari sudut yang berbeda. Misal dari pinggir.
Langkah cara menggambar bibir masih sama. Pertama buat garis proporsi dulu.

Langkah berikutnya dalam cara menggambar bibir ini adalah membuat bentuk dasar.

Setelah itu sempurnakan keseluruhan obyek yang digambar. Mudah bukan!

Mari kita coba juga dari arah samping.
Langkah pertama buat acuan proporsi

Langkah kedua dalam cara menggambar bibir adalah membuat bentuk dasar

Yang terakhir sempurnakan bentuk dan karakternya.

EKSPRESI MARAH
Setelah mencoba menggambar ekspresi tertawa mari coba cara menggambar bibir dengan ekspresi marah. Mungkin kurang terlihat seperti ekspresi marah. Untuk terlihat marah biasanya wajah butuh terlihat bagian alis dan matanya. Meski begitu disini saya perlihatkan mulut yang sedang menganga karena marah. Langkah-langkahnya sama seperti yang sebelumnya.
Langkah 1

Langkah 2


Langkah 3


Coba juga cara menggambar bibir dengan ekspresi marah dari arah pinggir
Langkah 1
Langkah 2

Langkah 3



Sekarang coba juga cara menggambar bibir dengan ekspresi marah dari arah samping.
Langkah 1

Langkah 2

Langkah 3




Setelah semua yang diatas silahkan coba juga beberapa ekspresi berikut ini.
Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3



Agar lebih matang lagi Anda juga bisa mencoba lagi cara menggambar bibir dengan ekspresi wajah yang berbeda.

PENEMPATAN DI WAJAH

Setelah berlatih dengan berbagai pose bibir diatas sekarang saya lanjutkan dengan penempatannya di wajah. Untuk acuan saya akan menggunakan wajah dua selebritis terkenal, agar lebih semangat. Gal Gadot dan Tom Holland yang sedang naik daun hehe.
Saya pernah membahas tentang cara menggambar wajah. Silahkan kunjungi link tersebut untuk lebih jelasnya. Saya tambahkan juga disini acuan proporsi wajah manusia untuk mempermudah Anda.



Langkah yang digunakan dalam cara menggambar bibir dan penempatannya di wajah ini sama seperti sebelumnya.
Buat acuan proporsi dulu.



Buat bentuk obyek yang digambar dengan garis lurus agar mempermudah proses. Perhatikan baik-baik penempatan bibir di wajah pada contoh tutorial ini.

Terakhir finishing dan penyempurnaan.

 Gambar semua bagian detail wajah. Untuk tutorial cara menggambar bibir ini tentu beri perhatian lebih pada bagian bibir Gal Gadot diatas.
Untuk contoh yang kedua adalah Tom Holland. Caranya sama seperti sebelumnya.

Langkah 1

Langkah 2

Langkah 3




Nah bagaimana mudah bukan cara menggambar bibir manusia dengan berbagai ekspresi ini. Saya harap Anda tidak bosan mampir disini. Silahkan kunjungi juga dasar menggambar bibir yang sebelumnya sudah saya ulas. Salam 

Komentar