Dasar menggambar bibir


Salam semuanya. Sudah lama banget semenjak saya terakhir membuat konten untuk blog ini. Sekali lagi mohon maaf berhubung ada beberapa masalah seperti komputer dan scanner gambar yang rusak. Setelah semuanya siap lagi sekarang semoga ini bisa jadi “awal baru” dan kedepannya bisa terus
berbagi lagi ilmu tentang teknik menggambar.

Untuk bahasan kali ini adalah dasar menggambar bibir. Sebenarnya sebelum ini saya sudah pernah membahas sedikit di menggambar bibir. Silahkan kunjungi lagi tutorial tersebut bagi yang tertarik. Untuk yang kali ini saya akan membahas tentang cara menggambar bibir dari dasar. Daripada bertele-tele silahkan menikmati sajian berikut ini hehehe.

Bentuk dasar bibir.

Pada umumnya orang yang baru mulai belajar cara menggambar bibir bentuk yang dibuat masih amat sederhana. Kesalahan yang umum adalah pada garis tengah bibir yang pada umumnya digambar lurus. Seperti berikut ini

Cara menggambar bibir seperti diatas kurang tepat karena bentuk garis tengah bibir yang benar tidak lah seperti gambar contoh diatas. Garis tengah bibir pada umumnya justru berlekuk. Lekukannya mengikuti kontur otot di daerah bibir. Berikut ini adalah contohnya

Bisa dibedakan bukan dengan cara menggambar bibir yang sebelumnya? Pada contoh kedua lebih sesuai dengan bibir yang asli. Garis tengahnya berkontur dan tidak lurus begitu saja.

Bibir dalam berbagai sudut

Sebelumnya telah dibahas tentang cara menggambar bibir sesuai dengan kontur aslinya. Gambar yang ada diatas itu adalah ketika bibir tampak depan. Sedang Anda para pengunjung blog ini tentu ingin juga tahu bagaimana kalau bibir digambar dari sudut yang berbeda-beda. Untuk yang satu ini silahkan ikuti tutorial cara menggambar bibir berikut.
Untuk yang pertama masih dari arah depan.
Yang pertama harus diperhatikan adalah letak garis tengah. Karena itu tariklah garis tengah baik yang datar maupun tegak sebagai patokan proporsi.



Setelah garis tengah dibuat langkah berikutnya dalam cara menggambar bibir adalah membuat bentuk dasar. Bentuk dasarnya sederhana saja, ini hanya jadi patokan bentuk untuk langkah berikutnya.

Setelah bentuk dasar dibuat langkah berikutnya dalam cara menggambar bibir adalah penyempurnaan. Buat detail-detail kontur bibir. Tambahkan juga detail lekuk2 otot di bibir ini.

Berikut contoh lain untuk cara menggambar bibir dari berbagai sudut. Kali ini kalau bibir dilihat dari sisi kiri.
Pertama seperti cara menggambar bibir sebelumnya buat garis tengah tegak dan yang lurus.

Setelah itu gambar bentuk dasar dari bibir yang akan dibuat.

Langkah terakhir adalah penyempurnaan dari bentuk dasar yang sebelumnya telah dibuat. Jangan lupa detail bibirnya digambar juga

Sekarang akan kita coba cara menggambar bibir tampak dari atas.
Yang pertama seperti sebelumnya adalah membuat garis tengah bibir.

Setelah itu buat bentuk dasar bibir.

Yang terakhir sempurnakan bentuk bibir dan tambahkan detail bibirnya.

Mari coba juga bibir tampak samping
pertama membuat garis tengah
Setelah itu buat bentuk dasar
Terakhir finishing atau penyempurnaan

Menggambar dengan menggunakan contoh


Contoh diatas bisa jadi patokan bentuk kontur bibir. Harus diperhatikan kalau yang ada di tutorial ini hanya dasar bentuk saja. Sedang diluar sana bisa dibilang karakter bibir masing-masing orang tidak sama. Saya persilahkan juga untuk eksplorasi lagi.
Cari contoh misalnya bibir milik aktris terkenal seperti Angelina Jolie yang berbibir sensual hehehe. Berikut saya coba membuat wajah dan terutama bibir Angelina Jolie. Urutannya sama dengan yang diatas. Sekalian sama belajar menggambar wajah. Buat yang tertarik tutorial menggambar wajah silahkan kunjungi juga teknik menggambar sketsa wajah.
Pertama buat patokan proporsi. Ini penting setiap kali mau mengambar tubuh atau wajah manusia


.
Setelah itu gambar wajah sesuai patoka proporsi yang sudah dibuat. Tolong perhatikan bagian bibir. Bagaimana agar mirip dengan gambar acuan.


Setelah itu finishing dengan menggambar semua detail.


 Saya tonjolkan bagian bibir berhubung ini tutorial cara menggambar bibir. Perhatian kalau karakter bibir pada gambar ini punya karakteristik khusus. Pantas kalau bibir Angelina Jolie membuat dada deg-degan hehehe. 



Anda juga bisa menjadikan pose artis lain dengan karakteristik bibir yang berbeda.
Nah demikian tutorial cara menggambar bibir. Saya harap bisa berguna untuk yang sedang belajar menggambar. Jangan bosen mampir yaa. 

Komentar